Catat, ini 4 obat sakit gigi alami yang bisa dipakai

  • Bagikan
Catat, ini 4 obat sakit gigi alami yang bisa dipakai

KABARIN.CO.ID – JAKARTA. Salah satu cara menghilangkan sakit gigi yang efektif adalah dengan mengunjungi dokter. Namun, jika Anda kesulitan untuk melakukan itu, entah karena waktu atau kondisi tertentu, cobalah untuk menggunakan obat sakit gigi alami.

Beberapa bahan alami di sekitar Anda bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit dalam waktu singkat. Namun, perlu diingat, Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter, ya. Apalagi jika sakit gigi dibarengi dengan gejala lain, seperti gusi bengkak dan berdarah atau keluar nanah.

Garam, teh, bawang putih adalah beberapa contoh bahan yang bisa Anda gunakan untuk meredakan sakit gigi. Tak hanya itu, nutrisi yang terkandung dalam bahan-bahan alami pun berguna untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bawang Putih

Selain berguna untuk meningkatkan cita rasa masakan, bawang putih juga bisa Anda pakai untuk menghilangkan sakit gigi, lo. Hal itu disebabkan karena bawang putih mengandung antibakteri dan pereda nyeri alami.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memanfaatkan bawang putih. Pertama, kunyah bawang putih selama beberapa saat. Kedua, tumbuk bawang putih hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada bagian gigi yang terasa sakit.

Baca Juga: Cara menyembuhkan sariawan secara alami dan dengan obat

Larutan Garam

Gentle Dental (interdent.com) merekomendasikan larutan garam sebagai obat sakit gigi alami selanjutnya yang bisa Anda coba. Anda hanya perlu berkumur dengan segelas air angat yang telah diberi sedikit garam. Kandungan dalam larutan garam akan mengobati sakit gigi dan mengurangi peradangan.

Teh

Cara meredakan sakit gigi juga bisa Anda lakukan dengan kantung teh, lo. Cobalah untuk memanfaatkan kantung teh peppermint pada bagian gigi yang sakit. Kandungan dalam jenis teh itu mampu memberikan efek mati rasa ringan sehingga rasa sakit pun berkurang.

Baca Juga: 4 obat sakit gigi dari bahan alami ini cocok digunakan anak-anak

Minyak Cengkih

Rasa sakit dan peradangan di sekitar gigi Anda dapat teratasi dengan memanfaatkan minyak cengkih. Gentle Dental mengatakan bahwa cengkih mengandung eugenol yang berperan sebagai antiseptik alami sehingga luka atau masalah dalam mulut bisa sembuh.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur minyak cengkih dengan air atau carrier oil supaya tidak terlalu kuat. Setelah itu, letakkan pada kapas dan aplikasikan selama beberapa menit pada area gigi yang terasa sakit.

Editor: Belladina Biananda

Sumber Antara News

  • Bagikan