oleh

China dan Korut Menyatakan Akan Terus Menjalin Hubungan Baik

Kim Jong Un, Presiden Korea Utara dan Xi Jinping, Presiden China telah melakukan kesepakatan untuk mempererat hubungan dan kerjasama antar kedua negara tersebut dalam segala bidang.Kedua presiden tersebut mengatakan bahwa mereka telah memahami pentingnya membentuk hubungan baik antara China dan Korut di tengah rumitnya persoalan internasional, seperti yang dilansir KCNA, Kantor berita Korut, pada hari Jumat (21/6)

Mereka meyakini dengan membuat hubungan yang baik, akan tercipta perdamaian regional. Kunjungan Presiden China tersebut merupakan kesempatan yang sangat penting terutama untuk menunjukan pada dunia bahwa persahabatan antara China dan Korut tidak akan berubah walaupun banyak terjadi persoalan internasional, ungkap Presiden Korut.

Kim Jong Un berpendapat bahwa kunjungan Xi mungkin akan membawa dukungan ekonomi yang baru sebab Korut saat ini tengah mengalami kesulitan akibat sanksi internasional yang tengah ia terima. Seperti dilansir Reuters.

Xi melakukan kunjungan ke Korut sepekan sebelum ia dijadwalkan untuk melakukan pertemuan dengan Donald Trump, Presiden AS dalam KTT G20 yang akan diselenggarakan di osaka, Jepang. Yang mana kedua negara tersebut kini tengah berada dalam konflik perang dagang.

China merupakan satu-satunya sekutu terbesar Korut. Sementara itu, Xi mengatakan Beijing dan Pyongyang perlu melakukan pembicaraan damai guna menyelesaikan masalah politik terkait persoalan nuklir di Semenanjung Korea.

Sejak pertemuan keduanya pada Kamis (20/6) kemarin, Xi memuji upaya Pyongyang untuk melucuti senjata nuklirnya. Xi juga berharap Korut dan AS dapat mencapai keberhasilan dalam diskusi terkait denuklirisasi karena sejak mandeknya kesepakatan Trump dan Kim di Hanoi pada Februari lalu, Pyongyang kembali melakukan uji coba senjat.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News