oleh

Daftar Kegunaan Minyak Wijen Untuk Masakan

Kabarin.co.id – Berikut kami rangkum Daftar Kegunaan Minyak Wijen Untuk Masakan. Jika anda masih belum paham dengan manfaatnya, silahkan simak artikel ini hingga tuntas.

Seperti yang kita ketahui, minyak wijen merupakan minyak esensial yang dihasilkan dari ekstrak biji wijen. Umumnya, kita bisa menemukan dua jenis minyak wijen di pasaran. Ada yang memang dibuat dari wijen mentah, dengan warna yang lebih terang.

Namun, adapula minyak wijen yang terbuat dari biji wijen sangrai, dengan warna yang tampak lebih keruh serta mempunyai aroma yang lebih harum.

Dalam hal ini, minyak wijen bisa kita pergunakan untuk masakan, sehingga hidangan terasa lebih lezat dan mempunyai aroma lebih menarik. Selain itu, cara penyimpanan minyak wijen ini pun terbilang cukup mudah.

Untuk menyimpan minyak wijen, anda bisa menaruhnya didalam botol kaca kemudian diletakkan pada tempat atau lokasi yang sejuk. Terlebih lagi, minyak wijen juga bisa dipergunakan untuk mencegah masakan agar tidak cepat basi.

Daftar Kegunaan Minyak Wijen Untuk Masakan

Penasaran dengan manfaat minyak wijen untuk masakan? Mungkin dengan melihat daftar dibawah ini, bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

1. Memasak Tumisan

Anda bisa menggunakan minyak wijen secukupnya dalam menumis masakan. Cukup panaskan minyak wijen pada wajah, kemudian langsung masukkan bumbu dan beberapa bahan makanan yang akan diolah.

Selain menambah aroma, makanan yang ditumis pun akan terasa lebih nikmat. Akan tetapi, harus disertai juga dengan tingkat kematangan dan cara memasak yang tepat.

2. Menghilangkan Bau Amis

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan ataupun daging ayam, sebenarnya anda bisa memanfaatkan air perasan jeruk nipis ataupun jeruk lemon. Tapi apa anda sadar jika minyak wijen pun mempunyai peranan serupa?

Cukup tambahkan minyak wijen secukupnya, maka aroma yang ditimbulkan akan menetralkan bau amis pada daging yang akan anda masak.

3. Masak Mie Anti Lengket

Ingin masak pasta atau mie? maka anda bisa menambahkan minyak wijen pada air rebusannya. Selain ampuh untuk mencegah agar pasta tidak lengket, minyak wijen ini juga akan membuat mie menjadi terasa lebih kenyal.

4. Membuat Mie Ayam Lebih Lezat

Apa anda sudah tahu jika resep bumbu mie ayam juga disertai dengan minyak wijen? Tentu tidak semua orang mengetahuinya.

Dalam hal ini, racikan bumbu mie ayam bisa ditambah dengan minyak wijen. Tujuannya ialah supaya rasa dan aroma menjadi lebih lezat.

Tidak hanya itu saja, dengan menambahkan minyak wijen, maka bisa mencegah mie agar tidak lengket ketika dicampur dengan bumbu yang lain.

5. Membuat Nasi Goreng

Dengan menggunakan minyak wijen, anda pun bisa menumis bumbu nasi goreng. Fungsinya ialah untuk membuat rasa nasi goreng lebih sedap dan lezat ketika disantap.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News