oleh

Deretan Mobil Listrik Wuling Potensi Dijual di RI

Jakarta, CNN Indonesia —

Wuling, produsen otomotif asal China siap merilis mobil listrik untuk menggairahkan pasar mobil Indonesia. Selain menjual mobil listrik, perusahaan akan menyiapkan rantai pasokan untuk mengantisipasi karena permintaan yang tinggi.

Sebelumnya, Wuling dikabarkan akan mulai memproduksi mobil listrik di Indonesia pada akhir 2022. Dilaporkan China Daily, perusahaan akan meluncurkan strategi global menjual mobil listrik dengan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV) di luar China.

Komitmen Wuling meniagakan mobil listrik di Tanah Air dibuktikan saat kunjungan Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadi, dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin ke pabrik Wuling Motors (Wuling) di Cikarang, Jawa Barat, hari ini Kamis (30/9).

Presiden Direktur Wuling Motors, Shi Guoyong yang mendampingi perwakilan pemerintah Indonesia mengatakan pihaknya telah membangun fasilitas produksi mobil berpenumpang untuk jangka panjang di dalam negeri.

“Realisasi investasi Wuling di Indonesia dimulai dari pembangunan fasilitas produksi dan supplier park dengan standar kualitas global,” kata Shi Guoyong dalam keterangan resmi.

Shi Guoyong menjelaskan rencana ke depan perkembangan kendaraan listrik Wuling yang saat ini telah dipasarkan di Tiongkok yakni mulai dari E100, E200, E300, hingga Mini EV yang dijual mulai dari Rp64,1 juta sampai Rp86,4 juta di China. Mobil-mobil ini cukup disesuaikan dengan kondisi Indonesia yakni setir kanan.

Ia berharap pemerintah Indonesia mendukung rencana investasi dan pertumbuhan kendaraan listrik.

“Kami serius untuk membawa teknologi dan juga berinvestasi dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, Wuling juga membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem EV (electric vehicle) di Indonesia,” ucap Shi Guoyong.

Sejauh ini ada beberapa perusahaan otomotif global telah berkomitmen memproduksi kendaraan hibrida dan listrik di Indonesia, mulai dari Honda, Hyundai, Mitsubishi, Suzuki dan Toyota. Hyundai siap produksi mobil listrik pada 2022 dan Toyota memproduksi mobil hibrida di tahun yang sama.

(mik/mik)

[Gambas:Video CNN]


Sumber Liputan6

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *