Diyakini sebagai pangkalan Garda Revolusi Iran, sebuah kapal kargo diserang

  • Bagikan
Diyakini sebagai pangkalan Garda Revolusi Iran, sebuah kapal kargo diserang

KABARIN.CO.ID – Sebuah kapal kargo Iran yang diyakini sebagai pangkalan Garda Revolusi Iran dan berlabuh selama bertahun-tahun di Laut Merah di lepas pantai Yaman diserang.

Televisi Pemerintah Iran mengakui serangan pada 31 Maret lalu itu, mengutip media asing, dalam komentar pertama tentang insiden misterius yang melibatkan MV Saviz, yang diduga dilakukan oleh Israel.

Serangan tersebut terjadi ketika Iran dan kekuatan dunia duduk di Wina untuk pembicaraan pertama tentang Amerika Serikat yang berpotensi bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir Teheran yang compang-camping.

Kejadian itu menunjukkan, tantangan ke depan tidak hanya berhenti dalam negosiasi tersebut.

Baca Juga: Iron Dome, sistem pertahanan rudal Israel penangkal roket dan drone

“Kapal Iran MV Saviz telah ditempatkan di Laut Merah selama beberapa tahun terakhir untuk mendukung pasukan komando Iran yang dikirim dalam misi pengawalan kapal komersial (anti-pembajakan),” sebut kantor berita semi-resmi Iran, Tasnim, seperti dikutip Al Jazeera.

Kehadiran kapal itu di wilayah tersebut, yang berulang kali dikritik oleh Arab Saudi, terjadi ketika para pakar Barat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, Iran telah memberikan senjata dan dukungan kepada gerakan Houthi Yaman.

Iran membantah mempersenjatai Houthi, tetapi komponen yang ditemukan di link persenjataan Houthi kembali ke Teheran.

Israel memperingatkan Amerika Serikat

Seorang pembawa berita Televisi Pemerintah Iran, melansir berita New York Times yang terbit 31 Maret yang mengutip seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, melaporkan, Israel memperingatkan Amerika Serikat tentang serangan yang direncanakan terhadap kapal tersebut.

Baca Juga: Iran rilis foto pangkalan Garda Revolusi yang disebut kota rudal

Sumber Antara News

  • Bagikan