oleh

Erick Himbau Karyawan BUMN U-45 Mulai Berkantor 25 Mei

Kabarin.co.id, Jakarta – Akhir pekan lalu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengeluarkan surat edaran yang berisi himbauan bagi BUMN untuk mulai bekerja pada 25 Mei 2020 mendatang.

Hal tersebut berlaku bagi para karyawan yang berusia di bawah 45 tahun, sedangkan yang sudah berusia lebih dari 45 tahun, diperkenankan bekerja dari rumah.

Berdasar dari Surat Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020, tertanggal 15 Mei 2020, kebijakan tersebut diambil dengan tetap menerapkan protokol perlindungan karyawan, serta pelanggan dan rantai lainnya.

Selain memulai pembukaan usaha, tiap BUMN diharap mempunyai task force penanganan Covid-19, serta menyesuaikan dengan skema The New Normal milik BUMN.

Dijelaskan oleh Staf Khusus BUMN, Arya Sinulingga, penerapakan kebijakan menteri tersebut tetap disesuaikan dengan kebijakan masing-masing daerah yang menerapkan PSBB.

“Malah sebenarnya kita lebih ketat, setelah PSBB kita lebih ketat, kenapa? Memang dibatasi usia 45 tahun ke bawah yang bisa bekerja, justru yang dilakukan BUMN ini justru protokol kesehatan yang lebih ketat daripada aturan main yang ada, karena ini hanya berlaku kalau PSBB tak berlaku lagi,” terang Arya, dikutip CNBC Indonesia, Minggu (17/5/2020).

“Jadi kalau lebaran ya bentuknya lebaran, tunggu lebaran dulu. Kan bisnisnya kita disesuaikan dengan peraturan yang berlaku lah,” imbuhnya.

Dijelaskan pula oleh Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Alex Denni, aturan tersebut hanya berupa contoh pedoman umum yang harus selesai dibuat pada tanggal 25 Mei 2020.

“Terkait dengan lampiran S-366 di mana salah satunya berisi informasi bahwa karyawan BUMN yang berusia di bawah 45 tahun untuk masuk kerja, adalah contoh PEDOMAN UMUM yang harus selesai dibuat pada tanggal 25 Mei 2020, sebagai langkah antisipatif dalam merespons kebijakan pemerintah, yakni dengan mempersiapkan diri lebih awal guna proses sosialisasi dan persiapan internal lainnya secara lebih optimal,” terangnya Alex dalam keterangannya secara terpisah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News