oleh

Fakta Dibalik Viralnya Foto Lansia Tidur Beralas Cor Semen Di Ponorogo

Kabarin.co.id, Ponorogo – Foto Viral kembali beredar yang menampilkan beberapa lansia tengah tidur di atas ranjang yang terbuat dari cor semen.

Pada kenyataannya, para lansia tersebut merupakan warga yang dirawat pada Panti Dhuafa Lansia Ponorogo.

Dijelaskan oleh Agus Pramono (31), selaku perawat di Pandti Dhuafa Lansia Pnorogo, sebagian lansia yang dirawat di pantinga memang ditempatkan pada ruang khusus.

Pada ruangan tersebut, tempat tidur memang terbuat dari semen. Akan tetapi, diatas ranjang dilapisi dengan busa spon dan juga karpet anti air.

“Foto viral di media sosial itu adalah ruangan Perawatan Khusus (PK). Terdapat 19 tempat tidur beton atau semen yang dilapisi dengan spon dan karpet anti air” paparnya.

“Jadi tidak benar kalau mereka tidur di atas kasur semen tanpa dilapisi,” lanjur Agus seperti dilansir dari Suryamalang, Minggu (24/11/2019).

Untuk saat ini, ada sembilan lansia yang dirawat di ruangan PK perempuan.  Spon yang menjadi pelapis memang sangat umum dilepas, khususnya pada saat lansia yang menempat kasur meninggal dunia.

“Kalau ada lansia yang meninggal, spon atau kasur busa, dilepas. Nah, biasanya kalau siang hari yang tidak ada lapisannya itu dipakai tiduran sama mereka.”

“Mungkin karena tidak ada lapisannya jadi dingin, mereka senang tidur di situ kalau siang. Mungkin itu yang difoto kemudian viral,” jelasnya.

Agus juga menilai, ruangan dan kasur khusus tersebut memang didesain untuk lansia yang sudah tidak bisa berjalan atau mengalami stroke.

Pada saat lansia sudah tidak bisa beraktivitas, buang air besar (BAB) atau kencing di kasur, para petugas bisa dengan  mudah membersihkannya.

“Makanya dilapisi karppet anti air. Jadi kalau ada yang BAB tinggal disiram, nanti dibersihkan pakai spon, kemudian dilap pakai kanebo,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News