oleh

Fakta Dibalik Viralnya Jabatan Jokowi Hingga Tiga Periode

Kabarin.co.id, Jakarta – Terdapat informasi yang beredar di media sosial dan menyebut bahwa masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa sampai tiga periode.

Informasi yang diunggah oleh akun laman media sosial Facebook Muhammad Faisal tersebut membuat gempar, dan bahkan viral.

Pada unggahannya, Faisal berbagi mengenai sebuah kiriman yang menyertakan tangkapan layar portal berita Kerja Jokowi berjudul “MPR Godok Masa Jabatan Presiden Hingga Tiga Periode, Jokowi Bisa Tarung Pilpres 2024, Jokowi Terbukti di Percaya Masyarakat”.

Dengan adanya unggahan tersebut, sontak mengundang beragam komentar dari netizen. Bahkan sudah dikomentari sebanyak 137 kali, dibagikan sebanyak 13 kali, serta memperoleh setidaknya 289 like dari pengguna Facebook yang lain.

Setelah dilakukan penelusuran oleh Tim Research Hoax Crisis Center (HCC) Borneo, diketahui bahwa hal tersebut merupaakan berita lama yang diunggah pada 24 November 2019 lalu.

“Faktanya, dalam berita tersebut, Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menuturkan bahwa lembaganya sedang menghimpun berbagai masukan terkait amandemen terbatas UUD 1945,” jelas Ramses Tobing, Tim Research HCC Borneo dalam ulasan periksa faktanya, Jumat 23 Okrober 2020.

Dari hasil penelusuran lain, jelas Ramses, hoaks yang sama juga sudah pernah dibahas oleh turnbackhoax pada 27 Juni 2020 yang lalu.

“Berdasarkan seluruh referensi yang ada, klaim Masa Jabatan Presiden Jokowi Hingga Tiga Periode termasuk hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan,” tegas Ramses.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News