oleh

Fakta Dibalik Viralnya Ponsel Meledak Di Pesawat

Kabarin.co.id, Jakarta – Twitter kembali diramaikan oleh netizen membahas soal ponsel yang diduga meledak. Hal tersebut karena kondisi ponsel sedang menyala di dalam pesawat. Bagaimana fakta sebenarnya?

Menurut yang dilansir dari DetikInet, sebenarnya video viral tersebut merupakan cuplikan dari kejadian di pesawat Royal Brunei Airlines, Januari yang lalu. Sedangkan yang meledak bukanlah ponsel, melainkan powerbank.

Video viral tersebut diperoleh dari Fracis Ngu Hown Hua yang memberikan pujian kepada awak kabin yang profesional, khususnya dalam menangani kasus. Akan tetapi, tidak dijelaskan secara detail mengenai kondisi orang tersebut.

Seperti yang diketahui, powerbank ataupun perangkan yang menggunakan baterai, pada aturan penerbangan harus dibawa ke kabin pesawat. Intinya tidak boleh diletakkan pada koper (bagasi) lantaran baterai bisa saja meledak, atau terbakar.

Hal tersebut juga dijelaskan oleh Lucky Sebastian, selaku pengamat gadget yang memberikan keterangan lebih detail.

“Jadi kalau di kabin bisa terkontrol dan terlihat, bisa segara diambil tindakan. Sementara itu kalau di bagasi kan tidak terawasi, ditumpuk-tumpuk dengan koper yang banyak pakaian, kalau terbakar bisa sangat berbahaya. Jadi powerbank atau alat yang menggunakan baterai juga ada maksimum kapasitasnya yang boleh dibawa penumpang,” ungkapnya.

“Kira-kira ini maksimumnya 26 ribu mAh lah kalau tegangannya di 3.7 V. Tujuannya kalau sebesar itupun meledak atau terbakar, efeknya tidak sampai merusak hebat yang bisa mengakibatkan pesawat jatuh. Makanya aturan penerbangan, selama penerbangan kita tidak boleh melakukan men-charge handphone dengan powerbank,” lanjutnya.

“Kemungkinan powerbank meledak bisa banyak sebab, kalau tidak sedang digunakan, mungkin kondisinya sudah tidak bagus, seperti baterai kembung (seperti handphone), atau short circuit, atau memang jelek kualitasnya. Karena powerbank banyak yang palsu dan kurang menggunakan pengaman,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News