oleh

Fakta Dibalik Viralnya Tes Virus Corona Bayar Rp 700 Ribu

Kabarin.co.id, Jakarta – Media sosial tengah dihebohkan dengan cerita netizen yang melakukan tes virus corona (Covid-19) ke rumah sakit dengan membayar Rp 700 ribuan.

Cerita tersebut diunggah pada hari Jumat (13/3/2020) di Twitter yang telah mempero;eh lebih dari ribuan tweet dan mengundang beragam komentar.

Dari cerita tersebut, dijelaskan bahwa ia menjalani cek suhu terlebih dahulu, baru diikuti dengan berat badan, tensi darah, serta rontgen paru-paru. Ia juga menyertakan foto surat keterangan sehat dari RSUP Persahabatan.

Mengenai kondisi tersebut, ahli penyakit dalam dr Dirga Sakti Rambe, SpPD, menjelaskan terkait dengan kekeliruan tes corona di Indonesia.

Yang viral tersebut sebenarnya bukan tes corona, melainkan tes kesehatan umum. Tes corona dilakukan dengan menggunakan tes swab serta hanya untuk kasus yang diduga kuat seperti mempunyai riwayat kontak dengan pasien positif ataupun baru kembali dari negara terjangkit.

“Selama enggak swab, enggak bisa dipastikan corona,” jelas dr Dirga pada detikcom.

Sedangkan dari keterangan Direktur Utama RSUP Persahabatan, dr Rita Rogayah, SpP(K), MARS, juga pernah menegaskan bahwa pihaknya sendiri tidak menyarankan orang yang sehat untuk cek corona.

Sebagai alasannya, ialah dikarenakan memang tidak ada pemeriksaan tersebut.

“Masyarakat mulai khawatir terutama kantor-kantor nih. Kalau ada karyawannya pulang dari bepergian diminta surat sehat sehingga ini membuat mereka jadi bingung dan datang ke kami,” ungkap dr Rita beberapa waktu lalu.

“Sebetulnya kami tidak anjurkan pemeriksaan mandiri seperti itu karena pada orang sehat tidak ada pemeriksaan corona… Kami akan berikan surat pernyataan tapi bukan bebas corona,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News