oleh

Fenomena Angin Tornado Di Tanjung Keluang Kumai Bikin Heboh

Kabarin.co.id, Kotawaringin Barat – Fenomena angin tornado yang terjadi di perairan Tanjung Keluang, Kubu, Kecamatan Kumai terekam kamera warga, Selasa (9/6/2020). Fenomena tersebut membuat masyarakat Kubu yang bermukim tidak jauh dari lokasi heboh.

“Pusaran angin di lautan yang dikenal dengan istilah waterspout ini, dinilai sangat langka terjadi di Indonesia yang notabene memiliki iklim tropis dan terletak di khatulistiwa” tulis keterangan pada video yang beredar.

Diketahui, fenomena Waterspout atau pusaran angin di perairan sempat muncul di Tanjung Keluang, Kbu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar.

Fenomena tersebut membuat heboh masyarakat Tanjung Keluang dan Kubu lantaran angin tornado tersebut langka terjadi di Indonesia yang notabene mempunyai iklim tropis.

Salah satu warga setempat, Ibat merekam kejadian tersebut menjelaskan, kejadian sekitar pukul 16.00 WIB. Akan tetapi kejadian begitu singkat hingga dua kali kejadian.

Yang pertama sekitar 3 menit dan kembali normal, serta disusul yang kedua, kurang lebih sekitar 10 menit hingga air naik keatas dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Pada saat itu, Ibat menyebut jika dirinya berada di Kubu, serta tidak tahu persis kejadiannya. Akan tetapi, fenomena tersebut tampak jelas hingga dirinya sempat mengabadikan kejadian tersebut yang kemudian diunggah pada akun FB-nya dengan siaran langsung.

“Banyak masyarakat Kubu mengenal fenomana itu disebut pusaran angin ini dengan sebutan angin puting beliung. Umumnya angin puting beliung muncul didaratan dan menerapa area lapang yang luas, masyarakat sini begitu menyebutkan,” ucap Ibat.

Ibat menyebut, ia menganjurkan untuk para nelayan dan pemancing untuk memperhatikankondisi tersebut. Untungnya, masyarakat sudh paham dengan kondisi tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News