oleh

Fitur Whatsapp Ini Bikin Nomor HP Nyebar Di Google

Kabarin.co.id, Jakarta – Bagi para pengguna yang tidak ingin nomor ponsel tersebar di mesin pencari Google, maka tidak disarankan menggunakan fitur Whatsapp “Click to Chat”. Kebocoran tersebut ditemukan hacker bernama Athul Jayaram.

Diketahui, Click to Chat merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan chatting tanpa ahrus menyimpan nomor ponsel di daftar kontak.

Pengguna bisa membuat tautan yang memungkinkan dilakukan chatting. Dengan klik tautan tersebut, maka secara otomatis chat pribadi akan terbuka.

Athul Jayaram menyebut, pemanfaatan fitur ini akan membuat nomor ponsel pengguna tampil di hasil pencarian Google. Hal ini juga bisa menjadi pintu masuk hacker serta aktor jahat guna melakukan penipuan, pembajakan, dan serangan siber.

“Nomor ponsel Anda terlihat dalam teks biasa di URL ini, dan siapa pun yang memegang URL dapat mengetahui nomor ponsel Anda. Anda tidak dapat mencabutnya, “jelas Athul Jayaram, seperti dikutip dari Techradar, Selasa (8/6/2020).

“Ketika nomor telepon individu bocor, aktor jahat dapat mengirim pesan kepada mereka, menelepon mereka, menjual nomor telepon mereka ke pengirim spam dan penipu.” imbuhnya.

Pasca menemukan kebocoran tersebut pada 23 Mei, Athul Jayaram kemudian melaporkannya ke Facebook, pemilik Whatsapp, melalui skema bug-bounty.

Akan tetapi, temuan tersebut tidak diakui, alasannya pengguna Whatsapp mempunyai pengawasan penuh pada informasi yang terlampir pada profilm mereka yang disediakan untuk umum.

“Meskipun kami menghargai laporan peneliti ini dan menghargai waktu yang ia ambil untuk membaginya dengan kami, itu tidak memenuhi syarat untuk hadiah karena hanya berisi indeks mesin pencari dari URL yang dipilih pengguna WhatsApp untuk dipublikasikan,” ucap juru bicara WhatsApp.

“Semua pengguna WhatsApp, termasuk bisnis, dapat memblokir pesan yang tidak diinginkan dengan mengetuk tombol.” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News