Gempa bermagnitudo 5,5 kembali guncang Malang pada pagi hari ini

  • Bagikan
Gempa magnitudo 6,7 guncang Jawa Timur, tidak berpotensi tsunami

KABARIN.CO.ID – MALANG. Gempa bermagnitudo 5,5 kembali terjadi di laut selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (11/4/2021) sekitar pukul 06.54 WIB. 

“Iya barusan gempa susulan yang dirasakan dengan kekuatan 5,5 skala richter,” kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang Ma’muri saat dihubungi, Minggu. 

Ma’muri mengatakan, pusat gempa susulan ini berdekatan dengan gempa bermagnitudo 6,1 yang terjadi pada Sabtu (10/4). “Episentrum hampir berdekatan,” katanya. 

Baca Juga: Dampak gempa di Kabupaten Malang, 3 orang meninggal dan 344 rumah warga rusak

Ma’muri mengatakan, gempa susulan ini dirasakan di sejumlah daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selain di Malang, guncangan akibat gempa juga dirasakan di Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Wonogiri dan Gunungkidul. “Dirasakan di beberapa wilayah, di Nganjuk, Pacitan, Wonogiri, Trenggalek bahkan ke Gunung Kidul di Bantul,” katanya. 

Dia mengatakan sejauh ini sudah terjadi sembilan kali gempa susulan yang terjadi di laut selatan Kabupaten Malang. “Rata-rata, gempa susulan bermagnitudo 3. Hanya barusan yang bermagnitudo cukup besar yakni magnitudo 5,5,” jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, gempa terjadi di laut selatan Malang, Sabtu (10/4) sekitar pukul 14.00 WIB. Gempa mengguncang sejumlah daerah di Jawa Timur dan merusak sejumlah bangunan di berbagai tempat. 

Baca Juga: Data korban gempa Malang: 8 meninggal dan 25 luka-luka

Selain di Kabupaten Malang, kerusakan parah juga terjadi di Lumajang dan Blitar. Gempa itu bermagnitudo 6,7, kemudian diperbarui menjadi 6,1. (Kontributor Malang, Andi Hartik)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Gempa Magnitudo 5,5 Kembali Guncang Malang Pagi Ini”

 

Sumber Antara News

  • Bagikan