Gempa Besar Guncang Meksiko, Magnitudo 7 – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Gempa magnitudo 7 mengguncang Meksiko, Selasa (7/9/2021) malam waktu setempat. Getaran gempa terasa hingga Mexico City, membuat gedung-gedung bergoyang dan warga berhamburan di jalan-jalan.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa berpusat di 17,7 kilometer timur laut Acapulco, negara bagian Guerrero. Otoritas perlindungan setempat mengatakan gempa telah membuat batu-batu besar jatuh dan tanah longsor.

Hingga kini belum ada laporan soal korban serius di Mexico City. Namun sejumlah wilayah dilaporkan mengalami pemadaman listrik.

USGS mengatakan gempa itu sangat dangkal, hanya 7,8 mil (12,5 km) di bawah permukaan. Namun ini memperkuat efek guncangan.

Warga yang panik berlari di tengah hujan deras yang terjadi. Beberapa terlihat membawa anak kecil dan hewan peliharaan.

“Mengerikan sekali. Itu benar-benar mengingatkan saya pada gempa 1985 setiap kali hal seperti ini terjadi,” kata Yesmin Rizk, warga Roma Sur berusia 70 tahun, dikutip Reuters.

Meksiko adalah salah satu tempat paling aktif secara seismik di dunia. Negara itu berada di atas lima lempeng tektonik termasuk tiga lempeng utama dunia,

Di tahun 1985, gempa dahsyat terjadi dengan magnitudo 8,1. Setidaknya 10.000 orang tewas akibat gempa itu.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *