oleh

Heboh Penemuan Candi Diperkirakan Sebesar Borobudur

Kabarin.co.id, Malang – Salah satu bukit yang ada di kawasan Gunung Arjuno menyimpan benda purbakala dengan ukuran sangat besar. Diduga benda purbakala tersebut berwujud candi, entah candi pendarmaan atau candi pemujaan.

Penemuan tersebut juga dikuatkan dengan adanya puluhan umpak di bawah bukit, serta terdapat kemungkinan struktur bangunan mirip dengan anak tangga ke arah sungai.

Namun tidak dipungkiri juga area tersebut juga mempunyai status wingit (angker), serta tidak hanya sebagai sebutan saja, melainkan warga juga sudah membuktikannya.

Penemuan benda-benda purbakala tersebut juga dibenarkan oleh Erwin dari Damar Panuluh Nusantara. Pada puncak bukit, ditemukan batu bata kuno yang diduga berasal dari 3 masa yang berbeda.

Dari 3 masa yang dimaksud, terdapat 2 jenis batu, yakni batu bata kuno terbuat dari andesit dan juga bata merah.

Menurut yang diperkirakan, ukuran dari candi tersebut sangatlah besar, hal tersebut berdasar dari jarak puncak hingga bawah bukit yang hampir mencapai 100 meter.

Begitu pula dengan lebar, lantaran diameter bukit juga sangat besar. Diduga jika di sekitar area terdapat pintu masuk kedalam bangunan candi, meski bukti otentik masih belum ada.

Batu bata kuno berukuran besar berada dimana-mana, mulai dari atas bukit, tengah, hingga pada bagian bawah bukit.

Salah satu perangkat Desa Tulungrejo, Yuswanto, berharap adanya sokongan dan dukungan dari pihak manapun yang peduli akan benda-benda purbakala.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News