oleh

Heboh Penemuan Tuyul, MUI Ciamis Imbau Warga Hindari Musyrik

Kabarin.co.id, Ciamis – Belakangan warga dihebohkan dengan penemuan sosok tuyul berwajah seram di Banjarsari Ciamis.

Temuan sosok tuyul tersebut oleh Ibnu Kasir atau yang lebih akrab dipanggil Mbah Gondrong di Dusun Paharuan, Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Sabtu (29/2/2020).

Sosok tersebut ditemukan oleh Ibnu Kasir berada di dalam sebuah botol kecil yang tertimbun tanah di belakang rumahnya. Sontak saja kabar tersebut langsung merebak dan mengejutkan warga Ciamis dan mengundang penasaran.

Warga yang melihat langsung, selanjutnya meyakini bahwa jika sosok yang ditemukan oleh Ibnu Kasir tersebut merupakan makhluk ghaib berjenis tuyul.

Memberikan tanggapan terkait hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ciamis, memberikan imbauan kepada warga supaya tidak mudah percaya. Terlebih terkait dengan hal yang bisa mengarah pada perbuatan musyrik.

Saeful Ujun selaku Pjs Ketua MUI Ciamis, menyebut jika masyarakat hendaknya berhati-hati dalam menanggapi hal-hal yang dikhawatirkan bisa merusak akidah dan keimanan.

“Mempercayai dan meyakini kekuatan ghaib selain Allah SWT adalah perbuatan musyrik,” paparnya, Rabu (4/3/2020).

Kondisi tersebut tidak lain ditujukan supaya masyarakat tidak jatuh dalam kesesatan, yakni dengan percaya adanya kekuatan dari sebuah benda, apalagi benda tersebut di khodamkan manusia.

“Haram hukumnya jika digunakan sebagai khodam. Termasuk perilaku musyrik jika kita percaya benda itu punya kekuatan,” tandasnya.

Sedangkan dari sisi warga, menganggap jika botol berisi tuyul tersebut merupakan benda klenik atau mistis. Konon katanya, benda klenik bisa dengan mudah muncul di hadapan orang yang dikehendaki.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News