oleh

Heboh Serangan Flu Babi Afrika, BPOM Pastikan Produk Pangan Olahan Tetap Aman

Kabarin.co.id, Jakarta – Saat ini tengah heboh serangan flu babi Afrika yang masuk ke Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan produk pangan olahan masih tetap aman.

Hingga berita ini diterbitkan, belum tercatat adanya produk pangan olahan daging babi yang harus diuji BPOM mengenai kasus tersebut.

“Soal pemeriksaan produk olahan daging babi oleh BPOM, yang dikaitkan dengan kasus flu babi Afrika ini enggak ada ya. Kelihatannya tidak ada bahaya yang mengancam rantai pangan, dari babi hidup ke pangan olahan,” ungkap Kepala BPOM, Penny K Lukito ketika ditemui di Kantor BPOM, Jakarta Pusat, ditulis Rabu (25/12/2019).

“Informasi yang kami terima, penyakit flu babi Afrika hanya menyerang babinya saja. Tidak menular ke manusia. Jadi, tidak ada yang harus kami respons dengan melakukan pengujian, sampai saat ini lho ya.” imbuhnya.

pada dasarnya, kasus flu babi Afrika mencuat sejak awal November 2019, pada saat ribuan ternak babi di Sumatera mendadak mati.

Babi-bai tersebut diduga terindikasi virus African Swine Fever (ASF), atau yang lebih dikenal dengan flu babi Afrika, berdasar dari hasil uji laboratorium oleh Balai Veteriner Medan.

Lebih lanjut, Penny pun menyebut jika flu babi Afrika tidak menular pada manusia.

“Saya kira bila dikaitkan dengan proses mengolah pangan dari daging babi. Kalau babinya terinfeksi virus, virus bisa saja mati saat pemrosesan berlangsung. Mematikan virusnya,” lanjutnya.

“Selain itu, sudah ada kebijakan dari pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus flu babi Afrika di peternakan. Nah, itu dilakukan Kementerian Pertanian. Upaya babi yang terjangkit, misalnya, diisolir dan dimatikan.” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News