oleh

Heboh! Usai Cacing Di Solo, Kini Probolinggo Banjir Ubur-Ubur

Kabarin.co.id, Probolinggo – Belakangan ini fenomena alam yang tidak terduga kian banyak dan menghebohkan masyarakat.

Untuk sebelumnya, muncul sebuah kabar jika ada begitu banyak cacing muncul di daerah Solo dan Klaten. Dan kali ini, ubur-ubur dengan jumlah tidak terhitung, muncul di perairan Pelabuhan Tanjung Tembaga dan pelabuhan perikanan pantai di Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Melalui sebuah video yang diunggah oleh akun Facebook Manda Fiqolby, terlihat ubur-ubur begitu banyak, hingga tampak menutupi permukaan sungai.

Mengenai video tersebut, Neli selaku warga sekitar Pelabuhan Tanjung Tembaga, menyebut jika pada lokasi tersebut ubur-ubur memang selalu muncl setiap tahun.

Umumnya terjadi ketika pergantian musim, baik dari musim hujan ke musim kemarau, ataupun sebaliknya. Dari sebagian warga, merekam kemuncuan ubur-ubur tersebut lantaran menjadi fenomena yang jarang terjadi.

“Bagi kami ini hiburan. Tapi, warga yang biasanya mandi di laut baik untuk terapi maupun untuk berlibur, harus menundanya karena ubur-ubur ini bikin gatal tubuh,” kata Neli kepada Kompas.com, Senin (20/4/2020).

Biasanya ubur-ubur tersebut akan hilang dengan sendirinya. Dijelaskan oleh Saifuddin nelayan setempat, ubur-ubur muncul lebih kurang sudah sepekan yang lalu.

Lantaran jumlahnya yang tidak terhitung, menjadikan pinggiran perairan tampak seperti berwarna putih. Saifuddin pun menyebut jika kedatangan ubur-ubur tersebut menganggu kapal nelayan yang melintas.

Pasalnya, terkadang ubur-ubur tersangkut pada baling-baling kapal nelayan. “Kami biasanya menjalankan kapal menghindari gerombolan ubur-ubur tersebut,” jelas Saifuddin.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Probolinggo, Sudirman menambahkan, munculnya ubur-ubur merupakan hal yang lumrah.

“Tiba-tiba muncul begitu saja. Tapi sepertinya bukan muncul rutin tiap tahun,” terang Sudiman melalui pesan singkat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News