Heboh Warga 69 Desa Kaya Mendadak Gegara Proyek Tol Jokowi – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Kembali heboh warga desa menjadi miliarder dadakan mendapat uang miliaran rupiah dari konvensasi pembebasan lahan pembangunan tol di Yogyakarta yang digarap pemerintahan Presiden Jokowi. Kali ini pembebasan lahan untuk tol Yogyakarta – Bawen di kawasan warga di Sleman yang melewati puluhan desa.

PGS Direktur Utama PT Jasamarga Jogja – Bawen, Oemi Vierta Moerdika, menjelaskan berdasarkan Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT) kebutuhan awal untuk pembebasan lahan tol Yogya – Bawen sebesar Rp 7,5 triliun.

Jalan tol ini juga sudah menyerap seluruh alokasi anggaran pembebasan lahan tahun 2021 tahap 1 yang disediakan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), sebesar Rp 365 miliar. Uang itu sudah dibayarkan kepada beberapa pemilik lahan di berbagai desa yang terdampak pembangunan.

“Terdapat 69 desa yang terdampak pembebasan lahan jalan tol Yogya-Bawen ini,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, Selasa (7/9/2021).

Menurut Oemi besaran uang ganti rugi yang diterima warga berbeda , tergantung besaran lahan yang terkena trase jalan tol. Namun jika dirata-rata warga mendapat Rp 1 – 3 miliar.

Sementara untuk pembebasan lahan seksi 1 (Yogyakarta – Banyurejo) sepanjang 8,77 km, jalan tol ini membutuhkan alokasi anggaran di tahun 2021 sebesar Rp 1,5 triliun. Sehingga PT Jasamarga Jogja Bawen berharap adanya tambahan alokasi anggaran pembebasan lahan dari pemerintah, supaya dapat menjalankan konstruksi jalan tol pertama di DIY ini awal 2022.

Untuk diketahui, rencana konstruksi dijadwalkan sebelumnya pada Agustus 2021, namun akibat adanya beberapa perubahan kebijakan pemerintah terkait pembebasan lahan, dan kondisi pandemi membuat target konstruksi bergeser ke awal tahun 2022.

“Penyelesaian tol ini sangat bergantung pada berapa lama pemerintah dapat menyelesaikan proses pembebasan lahan, tapi berdasarkan PPJT target pengoperasian tol ini di akhir 2023,” jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *