oleh

Heboh WN China Positif Corona Di Bali, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan

Kabarin.co.id, Jakarta – Beberapa hari belakangan, Indonesia memang tengah menjadi sorotan dunia. Hal tersebut dikarenakan belum ada korban yang terjangkit virus corona.

Sedangkan pada tengah fakta tersebut, publik justru dihebohkan dengan kabar adanya warga China bernama Jin di Bali, yang disinyalir positif virus corona.

Dikabarkan, seorang warga China dinyatakan positif virus corona oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Kota Huainan, Provinsi Anhui, Rabu (5/2/2020).

Menurut dari akun resmi Pemerintah Provinsi Anhui di laman Weibo, sebelumnya ia sempaat berkunjung ke Bali pada akhir Januari lalu.

Kabar tersebut langsung ditanggapi oleh Kepala Dinas Kesehaatan Bali, I Ketut Suarjaya. Jin diketahui sempat bekunjung di Bali pada akhir Januari lalu.

“Saya barusan dapat baca infonya. Kalau kita runut dia ke Balinya sekitar 9 hari sebelum dia terpapar corona. Jadi kemungkinan saja dia setelah sampai di China baru terpapar karena pada waktu itu kan memang kondisi China sedang outbreak,” ucap Suarjaya seperti dikutip dari merdeka.com, Kamis (13/2/2020).

Ia yakin jika Jin terpapar virus corona di China lantaran masa inkubasi berlangsung 3 hingga 7 hari. Inkubasi tersebut terjadi ketika Jin tiba di China.

“Masa inkubasinya 3 sampai 7 hari padahal di China terkena 9 hari setelah dia meninggalkan Bali kan begitu. Dia 9 hari sudah meninggalkan Bali, itu kemungkinan pertama dia dapatnya di China,” paparnya.

“Kemungkinan kedua masa inkubasinya juga memperpanjang sampai 14 hari. Karena di Bali tidak ada kasus (corona). (Kemudian) 14 harinya berarti apakah dia selama di Bali masih membawa virus, harapan kita tidak karena hitungan-hitungannya 14 harinya di mana kenanya di Bali, sedangkan di Bali tidak ada kasus,” lanjutnya.

“Tapi walaupun begitu tetap kita lakukan contact tracking, di mana dia menginapnya. Hari ini, kita cari datanya karena tidak mudah (mencari) dia menginap,” tandas Suarjaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News