oleh

History Mari Elka Pangestu Sebelum Menjabat Direktur Bank Dunia

Kabarin.co.id, Jakarta – Terhitung mulai 1 Maret 2020, Mari Elka pangestu akan menduduki kursi Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

David Malpass selaku Presiden Bank Dunia, menyebut alasan terkait terpilihnya Mari Elka, termasuk juga dikeranakan pengalaman yang dimilikinya di kancah internasional, khususnya pada isu pembangunan.

Mari Elka sendiri, menjalani pendidikan sarjana dan magister ekonomi dari Australia national University. Pasca itu, ia melanjutkan pendidikan doktor Ekonomi di University of California at Davis (1986).

Sebelumnya, Mari Elka sempat ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mejadi Menteri Perdagangan dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I hingga Jilid II.

Akan tetapi, pada 2011, Mari Elkas terkena resuffle. Setelah itu, Mari Elka menggantikan Jero Wacik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sebelum dirinya menjadi menteri, Mari Elka merupakan anggota pimpinan Centre of Strategic and International Studies (CSIS).

Terlepas dari itu, ia juga menjavat sebagai birokrat dan ekonom, bahkan terkenal sebagai pengajar. Ia merupakan Dosen Ekonomi International di Universitas Indonesia.

Untuk saat ini, Mari Elka merupakan Senior Fellow Columbia School of International and Public Affairs. Ia pun tercatat sebagai asisten profesor di Lee Kuan Yew School of Public Policy, Crawford School of Public Policy dan Australia National University.

Sedangkan untuk peran terbatu di Bank Dunia, Mari akan mengawasi program kerja Kelompok Praktik Global bank Dunia. Terlepas dari itu, ia juga akan mengawasi kelompok riset dan data Bank Dunia 9DEC) serta fungsi Hubungan Eksternal dan Korporat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News