oleh

India Pikir Ulang Untuk Beli Jet Tempur Su-57 Rusia

Kabarin.co.id, New Delhi – Seperti yang diberitakan, India menyatakan siap untuk mempertimbangkan kembali kerjasama dengan Moskow. Tepatnya dalam pembuatan bersama atau pembelia jet tempur generasi kelima Su-57 Rusia. Dijelaskan oleh Kepala Staf Angkatan Udara India, Birender Singh Dhanoa, keputusan tersebut diambil pasca pesawat yang disebutkan bertugas dan diuji coba oleh militer Moskow.

Dilansir dari sebuah wawancara surat kabar resmi Angkatan Bersenjata Rusia, Krasmaya Zvevda, Dhanoa menyebut bahwa India akan membuat keputusan terkait jet Su-57 pasca melihatnya beraksi di Rusia, serta pasca Moskow menghadirkan pesawat baru tersebut di New Delhi.

Dilihat dari kontrak yang ada, jet Su-57 pertama akan dikenalkan pada layanan militer Rusia akhir tahun ini. Sedangkan untuk entri kedua akan dirampungkan pada tahun 2020.

Pertengahan Februari, direktur perusahaan teknologi Rostec bidang kerjasama internasional, Viktor Kladov, menjelaskan bahwa India sudah menunjukkan minat besar untuk jet tempur Su-57. Ia menilai bahwa dengan besarnya ketertarikan pembeli asing pada Su-57, seharusnya produksi serial pesawat tempur multi-peran modern tersebbut harus disegerakan.

Anatoly Punchuk selaku Wakil Direktur Federal Rusia untuk kerjasama Teknis-Militer (FSMTC), mengatakan bahwa Rusia siap untuk melanjutkan pekerjaan dengan India pada teknologi jet tempur generasi kelima Su-57. “Keputusan untuk menunda sementara proyek ini dibuat oleh India,” paparnya, seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (19/7/2019).

Su-57 sebelumnya dikenal dengan sebagai pesawat Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation (PAK FA). Jenis ini merupakan pesawat siluman multi-peran dengan mesin ganda, serta dinrancang untuk superioritas udara dan peran tempur.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News