India Siaga Tsunami Covid Baru, Kasus Mumbai Naik Gegara Ini – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – India saat ini mulai mengutarakan kekhawatirannya akan gelombang ketiga Covid-19. Pasalnya beberapa wilayah sudah melaporkan kenaikan angka infeksi setelah adanya festival perayaan keagamaan.

Mengutip Channel News Asia (CNA), di Mumbai misalnya, kota pusat perdagangan itu telah melaporkan 400 kasus infeksi harian sejak awal September lalu. Kasus sempat menurun pada hari Senin kemarin, di mana dicatatkan terjadi 379 infeksi harian.

Menurut walikota Mumbai dan pemerintah negara bagian Maharashtra, kasus-kasus tersebut terhubung dengan festival Hindu Ganesh Chaturthi. Festival itu rencananya diadakan selama 11 hari dan sudah dimulai pada Jumat lalu.

Hal ini membuat pemerintah membatalkan seluruh acara yang diadakan. “Gelombang ketiga tidak akan datang. Itu sudah ada di sini,” kata Wali Kota Mumbai Kishori Pednekar menyindir kasus akibat acara tersebut.

Tak hanya di Mumbai, negara bagian Kerala juga mengalami hal yang sama. Pada akhir Agustus lalu negara bagian itu sempat melaporkan hingga 31 ribu kasus perhari setelah festival panen Onam yang membuat banyak orang berkumpul dan mengabaikan protokol kesehatan.

“Analisis kasus dan data pengujian menunjukkan bahwa pembatasan yang lebih longgar selama festival panen tradisional Onam pada 21 Agustus lalu membuktikan kemunduran manajemen Covid-19, membalikkan tren penurunan di wilayah tersebut,” lapor surat kabar Times of India.

Pada gelombang kedua infeksi Covid-19 di bulan April lalu, India sempat kewalahan dalam menangani infeksi. Pasalnya infeksi harian bahkan mencapai hingga 400 ribu dalam satu hari.

Gelombang itu dialamatkan kepada sebuah festival yang bernama Kumbh Mela. Di mana 25 juta orang berkumpul untuk merayakan acara keagamaan.

Lebih lanjut, gelombang itu juga diduga menjadi cabang perkembangan mutasi baru corona, varian Delta. Varian itu diklaim lebih menular dan berbahaya bila masuk ke dalam tubuh manusia.

Secara keseluruhan India sendiri merupakan negara yang terdampak kedua paling parah dalam pandemi Covid-19. Negara itu mencatatkan 33 juta infeksi Covid yang diiringi 441 ribu kematian sejak pandemi melanda hingga saat ini.

Kemarin, ada 38.130 kasus harian baru Covid-19. India mencatat ada tambahan 368 kematian Selasa (7/9/2021).

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *