oleh

Ingin Mudik, WNI Di Australia Harus Beli Surat Jalan Rp 300.000

Kabarin.co.id, Sydney – Guna mencegah penularan Covid-19, Warga Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri yang hendak balik ke Indonesia, diwajibkan mengurus surat jalan.

Protokol terkait wajib mendapatkan surat jaan tersebut sebenarnya dianggap wajar di masa wabah virus corona. Yang membuat heboh di Australia, nyatanya untuk memperoleh surat tersebut, harus membayar Rp 300.000.

Surat keterangan jalan tersebut harus diurus WNI di kantor perwakilan Indonesia terdekat darikota mereka tinggal, serta membayar biaya yang dibebankan.

KJRI Sydney merupakan salah satu perwakilan yang menyampaikan pentingnya surat keterangan tersebut melalui halaman Facebook, Sabtu (9/5/2020).

“Apakah Anda mempunyai rencana untuk pulang ke Indonesia dalam waktu dekat (sampai 31 Mei 2020)?” “Bagi WNI yang akan pulang ke Indonesia dan melanjutkan perjalanan domestik (bukan dalam rangka mudik) ada beberapa dokumen yang diperlukan pada saat kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta,” demikian unggahan KJRI Sydney.

Besaran biaya untuk memperoleh surat keterangan jalan tersebut ialah 30 dollar Australia, atau setara Rp 300.000. Melalui media sosial, beberapa WNI telah menyampaikan keberatan terkait pengenaan biaya untuk mendapat surat tersebut.

“Keadaan sudah sulit karena Covid-19 ada yang mau pulang ke Tanah Air malah dipersulit suruh bayar pula. Pak Jokowi tolong dicek nih pelayanan ke warga Indonesia,” tulis salah satu komentar.

“Kenapa tidak digratiskan saja bagi WNI? Kan sudah bayar pajak. Ini zaman susah Pak. You should have compassion,” tulis yang lain. “Negara hadir? Cuma surat keterangan dan banyak syarat masih juga harus bayar? Perlindungan di mana?” komentar lainnya yang dikutip ABC Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News