oleh

Ini Alasan Jokowi Pilih Nadiem Makarim Jadi Mendikbud

Kabarin.co.id, Jakarta – Pada Kabinet Indonesia Maju, penempatan Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), menjadi salah satu kejutan. Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan alasan dibalik terpilihnya pendiri Gojek tersebut.

Alasan tersebut Jokowi ungkap ketika memberikan jawaban pertanyaan wartawan terkait dengan para menterinya di Istana Kepresidenan, Kamis (24/10/2019). Awalnya, Jokowi berbicara mengenai Indonesia yang mempunyai 300 ribu sekolah, dengan total jumlah pelajar sebanyak 50 juta siswa.

“Bayangkan mengelola sekolah, mengelola pelajar, manajemen guru sebanyak itu, dan dituntut oleh sebuah standar yang sama. Kita diberi peluang setelah ada yang namanya teknologi, yang namanya aplikasi sistem yang bisa membuat loncatan sehingga yang dulu dirasa tidak mungkin sekarang mungkin,” jelas Jokowi.

“Oleh sebab itu dipilih Mas Nadiem Makarim,” imbuhnya.

Selanjutnya, Jokowi juga mengungkap isi pembicaraan antara dirinya dengan Nadiem terkait dengan masalah SDM. Ia pun menanti terobosan besar dari menteri yang saat ini masih berusia 35 tahun tersebut.

“Beliau sudah bicara dengan saya yang dikerjakan apa, kualitas SDM kita betul-betul bisa terjadi. Ada peluang besar, terobosan besar untuk melakukan itu. Itu kurang lebih,” paparnya.

Terlepas dari itu, Jokowi juga memastikan untuk memilih wakil menteri guna mendampingi menteri yang sudah dilantik. Dalam hal ini, daftar nama wamen masih dalam proses finalisasi.

“Wamen kalau diperlukan. Kalau itu memberikan dukungan kerja besar sekali lagi. Ini kita mengelola kerja yang besar,” ungkap Jokowi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News