Ini Penampakan Bendera Merah-Putih di Jet Tempur KFX Korsel – Kabarin.co.id

  • Bagikan
Upacara pelepasan pesawat tempur Korea KF-21 Boramae. (Tangkapan Layar Youtube KTV국민방송)

Jakarta, kabarin.co.id – Secara mengejutkan gambar bendera merah putih Indonesia berdampingan dengan bendera Korea Selatan (Korsel) di tubuh pesawat jet tempur KFX Korsel atau KF-21. Indonesia mulanya memang bekerja sama dengan Korsel di proyek ini tapi belakangan menggantung tak ada kejelasan.

Pada hari ini, jet tempur KF-21 generasi 4,5 resmi diluncurkan prototipenya di Korsel, yang dihadiri oleh Menhan Prabowo Subianto. Korsel sendiri, sudah mempunyai rencana jangka panjang dalam pengembangan jet tempur ini.

Korsel akan memulai produksi prototipe jet tempur asli negara itu hingga 120 unit untuk digunakan dalam pertempuran nyata pada tahun 2032.

Pilihan Redaksi
  • Mengurai Sengkarut Program KFX/IFX antara Korsel & Indonesia
  • Menhan RI Prabowo ‘Dicari-cari’ Korsel, Ada Apa?

Dikutip media Korsel Yonhap, Presiden Korsel Moon Jae In mengumumkan rencananya pada acara pembukaan prototipe pesawat tempur KF-21 Boramae yang diadakan di markas Korea Aerospace Industries (KAI) di kota selatan Sacheon, Provinsi Gyeongsang Selatan.

Korsel memulai program 8,8 triliun won atau setara Rp 112 triliun untuk menggantikan armada jet F-4 dan F-5 Angkatan Udara yang menua pada akhir 2015.

Foto: Upacara pelepasan pesawat tempur Korea KF-21 Boramae. (Tangkapan Layar Youtube KTV국민방송)
Upacara pelepasan pesawat tempur Korea KF-21 Boramae. (Tangkapan Layar Youtube KTV국민방송)

“Kami telah membuka era baru pertahanan diri dan juga menetapkan tonggak bersejarah dalam perkembangan industri penerbangan,” kata Moon dalam pidatonya.

Moon menjelaskan bahwa jet tempur akan diproduksi penuh segera setelah menyelesaikan tes di darat dan di udara.

“Kami berencana mengerahkan 40 jet pada 2028 dan total 120 pada 2032,” katanya.

Upacara pelepasan pesawat tempur Korea KF-21 Boramae. (Tangkapan Layar Youtube KTV국민방송)Foto: Upacara pelepasan pesawat tempur Korea KF-21 Boramae. (Tangkapan Layar Youtube KTV국민방송)
Upacara pelepasan pesawat tempur Korea KF-21 Boramae. (Tangkapan Layar Youtube KTV국민방송)

Pesawat KF-21 Boramae ini sebelumnya merupakan proyek garapan bersama antara Indonesia dan Korsel. Namun dukungan Indonesia pada proyek ini sempat mandek karena pihak Indonesia belum melunasi biaya-biaya pengembangan jet tempur itu.

Meski begitu, pada peluncurannya, Menhan Prabowo Subianto Djojohadikusumo menyempatkan hadir dan melihat langsung wujud asli pesawat itu pada Kamis (8/4/2021). 

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Sumber kabarin.co.id

Incoming search terms:

  • Bagikan