oleh

Insentif Belum Cair, Peserta Kartu Prakerja : Diluar Ekspektasi

Kabarin.co.id, Jakarta – Para peserta Kartu Prakerja untuk gelombang pertama, banyak yang mempertanyakan uang insentif yang seharusnya sudah mereka terima dikarenakan sudah lebih dari sepekan menyelesaikan pelatihan.

Sedangkan untuk sebelumnya, pemerintah menyatakan waktu pencairan dana insentif Kartu Prakerja setidaknya akan memakan waktu sekitar lima hari.

Dinyatakan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, insentif akan diterima oleh para peserta paling lambat pada Jumat (1/5/2020) lalu.

“Jumat nanti insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000. Mereka akan kita kirimkan e-mail untuk evaluasi efektivitas Kartu Prakerja sebagai feedback pengguna dan feedback pengguna terhadap lembaga pelatihan,” kata Denni dalam video conference, Rabu (29/4/2020).

Keluhan terkait dana insentif yang tidak kunjung cair juga sudah membanjiri kolom komentar laman instagram program Kartu Prakerja, prakerja.go.id.

Salah satu peserta Kartu Prakerja, Ezi (24) pekerja seni asal Sumatera Barat, juga mengeluh hal yang sama. Ia bahkan sudah menyelesaikan pelatihan Kiat Berbisnis UMKM hingga Kebanjiran Orderan seharga Rp 1 Juta.

Akan tetapi, hingga kini belum juga menerima satu persen pun dana insentif dari pemerintah. Meski sudah menerima sertifikat kelas, dan sertifikat sudah lulus ujian kelas dari platform penyedia jasa pelatihan.

“Ekspektasi saya sih on time waktu itu. Setelah sertifikat keluar semua. Paling ya nunggu waktu sehari atau dua hari paling lama akan cair insentifnya. Tapi ternyata tidak seperti itu,” paparnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News