oleh

IPB Siap Memberikan Gelar Akademik Untuk Kades Di Bogor

Kabarin.co.id, Jakarta – Universitas Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, guna memberikan pendidikan pada kepala desa di Kabupaten Bogor. Hal tersebut supaya kades tersebut bisa meningkatkan kapasitas pemerintahan di desa.

Dijelaskan oleh Rektor IPB, Prof Arif Satria, program pendidikan tersebut berupa kursus jangka pendek (short course). Akan tetapi, jika memang diperlukan, imbuh Arif, maka IPB siap memberikan gelar pada kepala desa di Kabupaten Bogor.

“Kalo ini memang diperlukan gelar akademik, kita akan siapkan program khusus,” ungkap Arif ketika ditemui di IPB Dramaga, Senin (4/11/2019).

Lebih lanjut, Arif juga menjelaskan bahwa IPB University dan Pemkab Bogor sudah menjalin kerja sama, termasuk juga dalam menghasilkan smart village dan smart government. Sehingga program yang dimaksud mampu membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Bogor.

Dengan melalui Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3), Arif menjelaskan bahwa IPB akan membantu mewujudkan pemerintahan desa yang lebih baik. Sehingga pemerintah desa bisa mengelola data desa secara presisi dan lebih akurat.

“Untuk melengkapi pemerintah desa secara presisi, secara akurat kan dibutuhkan orang-orang yang berfikir ke masa depan, dapat mengoperasikan alat-alat, punya mindset terhadap akurasi data,” jelasnya.

Dalam hal ini, Arif berharap jika kerjasama tersebut bisa mengubah pengelolaan pemerintah desa yang dianggap masih kurang optimal.

Terlepas dari itu, kepala desa juga akan memperoleh pendidikan di IPB, yakni dengan berkolaborasi bersama warga yang dipimpin guna memajukan desa.

“Saya kira kolaborasi ini paradigma yang harus dibangun,” paparnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News