oleh

Irak Kirim Utusan Ke AS dan Iran Untuk Bantu Redam Ketegangan

Kabarin.co.id, Baghdad – Dikatakan oleh Perdana Menteri Irak, Adel Abdul Mahdi, dirinya akan mengirimkan delegasi ke Amerika Serikat (AS) dan Iran untuk beberapa hari kedepan. Hal tersebut ditujukan sebagai langkah atau upaya dalam membantu meredakan adanya ketegangan di kwasan tersebut.

“Irak telah melakukan kontak tingkat tinggi (antara AS dan Iran), dan visi kami sangat dekat dengan visi Eropa untuk menyelesaikan krisis di kawasan itu,” ucap Abdul Mahdi pada sebuah pernyataan.

Adanya pengiriman delegasi tersebut karena para pejabat AS dan Iran telah meyakinkan bahwa pihaknya tidak ingin berperang.

“Para pejabat AS dan Iran telah meyakinkan kami bahwa mereka tidak ingin berperang. Jadi kami akan mengirim delegasi ke Washington dan Teheran,” imbuhnya, menurut yang dilansir PressTV pada Rabu (22/5/2019).

Dirinya juga mengungkap bahwa pihaknya sangat percaya bahwa negara mereka mampu menjadi zona konfrontasi apabila perang pecah diantara kedua negara.

“Irak sedang dalam tahap mentransfer pesan antara Washington dan Teheran ketika kami mencoba untuk meredakan krisis antara kedua belah pihak. Adalah tanggung jawab kita untuk mempertahankan Irak dan rakyatnya, dan mengamankan mereka dari ancaman perang,” paparnya.

Perlu diketahui, sebelumnya salah satu Ulama Syiah terkemuka di Irak, Muqtada al-Sadr memberikan peringatan supaya tidak menyeret Irak dalam kemungkinan konflik militer antara AS dan Iran. Dirinya mengatakan bahwa jika Irak terseret dalam perang tersebut, maka hal tersebut bisa menjadi akhir dari Negeri 1001 malam tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News