oleh

Iran : Dengan Tidak Percaya AS, Arab Saudi Bisa Aman

Kabarin.co.id, Teheran – Jika kerajaan Arab Saudi ingin aman, Pemerintah Iran memberikan saran sekaligus peringatan. Dalam hal ini Teheran memberikan peringatan Riyadh supaya mengakhiri perang di Yaman serta memberikan saran untuk menjalin hubungan baik dengan tetangga, bukan justru lebih percaya pada Amerika Serikat (AS).

Saran sekaligus peringatan tersebut disamapkan oleh Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif jelang melakukan kunjungan Perdana Menteri Imran Khan. Kunjungan PM Khan tersebut menjadi perantara untuk membuka pembicaraan antara Iran dan Arab Saudi.

“Membeli senjata tidak akan memberi Anda (Arab Saudi) keamanan. Jika Arab Saudi ingin aman, cara terbaik adalah mengakhiri perang di Yaman, memulai hubungan baik dengan tetangga dan lingkungannya, dan tidak mempercayai AS,” ucap Zarif pada wawancara dengan media Turki, TRT World, seperti dilansir Sputniknews, Sabtu (12/10/2019).

Terlebih, diplomat senior Teheran tersebut juga menekankan terkait kesiapan Iran untuk berunding dengan Saudi. “Kami selalu terbuka untuk membahas apa pun dengan Arab Saudi. Arab Saudi adalah tetangga kami. Kami akan berada di sini bersama secara permanen,” lanjutnya.

“Mereka tidak punya pilihan selain berbicara satu sama lain. Kami tidak pernah menolak perantara…Kami selalu terbuka untuk mediasi, dan kami selalu terbuka untuk pembicaraan langsung dengan tetangga Saudi kami,” paparnya pada saat ditanya tentang kunjungan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan ke Teheran yang akan datang.

“Kami berharap ini bisa dibahas dan diperkaya lebih lanjut oleh tetangga kami,” tegasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News