oleh

Iran Lepaskan Satu Kapal Tanker Inggris

Kabarin.co.id, Teheran – Menurut yang dilaporkan oleh kantor berita Iran, Tasnim, kapal Tanker Inggris lainnya yang sebelumnya dikabarkan disita oleh Garda Revolusi, Mesdar, sebenarnya tidak disita. Kapal tersebut sudah diizinkan untuk melanjutkan perjalanan pasca diberi peringatan terkait masalah keamanan dan lingkungan.

Diketahui, Stena dan Mesdar mengubah arah dengan tajam dalam waktu 40 menit, tidak lama pasca memasuki Teluk lewat Selat Hormuz, dan mengambil arah menuju Iran. Hal tersebut ditunjukkan dengan data pelacakan Refinitiv.

Dijelaskan oleh Garda Revolusi Iran, mereka sudah menangkap Stena Impero dengan bendera Inggris. Stena Impero tersebut ditangkap atas permintaan otoritas Iran, dikarenakan tidak mengikuti peraturan maritim Internasional.

“Kami menerima laporan bahwa kapal tanker minyak Stena Impero Inggris menyebabkan insiden dan, oleh karena itu, kami meminta militer untuk mengarahkannya ke pelabuhan Bandar Abbas untuk penyelidikan yang diperlukan,” Ucap Allahmorad Afifipour, kepala otoritas maritim Hormozgan, kepada kantor berita Tasnim.

Sedangkan data menunjukkan bila Mesdar kembali mengubah arah menuju Barat kembali ke Teluk.

Diungkap oleh Norbulk, manajer kapal tanker Mesdar, mengatakan bahwa kapal tersebut sudah ditumpangi oleh personel dengan senjata. Namun kemudian diizinkan untuk melanjutkan pelayarannya. Lebih lanjut, jika kru kapal aman serta sehat seperti yang dilansir dari CNBC, Minggu (21/7/2019).

Diberitakan sebelumnya, Inggris menyebut Iran telah menangkap dua kapal tanker minyak di teluk pada hari Jumat. “Penyitaan ini tidak bisa diterima. Sangat penting bahwa kebebasan navigasi dijaga dan bahwa semua kapal dapat bergerak dengan aman dan bebas di wilayah tersebut,” jelas Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News