oleh

Jepang : Rudal Korut Mendarat Diluar Wilayah Kami

Kabarin.co.id, Tokyo – Sedang ramai pemberitaan bahwa Korut kembali uji coba rudal yang saat ini diklaim masih dalam pengembangan. Hal tersebut juga sebagai bentuk protes terhadap Amerika Serikat (AS).

Dalam hal ini, Kementerian Pertahanan Jepang, juga ikut memberikan konfirmasi bahwa terdapat dua rudal yang diduga ditembakkan oleh Korea Utara (Korut). Pihak Tokyo menyebut bahwa kedua rudal tersebut mendarat tidak jauh dari wilayah mereka.

Pada sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Jepang menyebut, dua rudal tersebut mendarat di luar Zona Ekonomi Eksklusif Kepang (ZEE), lebih tepatnya, yang membentang sepanjang 200 mil laut atau sekitar 370 kilometer dari darat.

“Objek yang tampaknya merupakan rudal balistik diluncurkan dari Korut. Rudal tidak mendarat di wilayah kami,” isi dari pernyataan kementerian tersebut, menurut yang dilansir dari Reuters, Kamis (31/10/2019).

Kondisi tersebut merupakan peluncuran ke-12 dari senjata Pyongyang yang sudah dilakukan, khususnya pada sepanjang tahun ini.

Peluncuran dilakukan di tengah gangguan pada negoisasi pihak Korut dengan Amerika Serikat (AS), terkait dengan denuklirisasi pada Semenanjung Korea serta sanksi yang memgakibat kelumpuhan di pihak Pyongyang.

seperti yang diketahui, pada 3 Oktober lalu, rezim Kim Jong-un memberikan pengumuman bahwa mereka sudah berhasil uji coba rudal balistik baru yang diluncurkan melalui kapal selam dari bawah laut.

Selama ini Pyongyang mempunyai dalih bahwa senjata diperlukan untuk melindungi Korea Utara dari ancaman eksternal serta meningkatkan pertahanan diri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News