oleh

Joget Di Atas Meja, Oknum Kadis Viral

Kabarin.co.id, Jakarta – Berkreasi dengan membuat video TikTok memang tidak dilarang, namun bagaimana jika hal tersebut dilakukan oleh pejabat ASN di atas meja? Tentu menjadi cerita lain lantaran bisa dianggap melanggar etika ataupun kepatutan.

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) meminta pihak Bupati Bondowoso, Provinsi Jawa Timur memberikan sanksi pada oknum kepala dinas (kadis) yang dinilai sudah melanggar etika dalam video TikTok, sebab joget di atas meja.

“Kami segera meminta Bupati Bondowoso selaku pejabat pembina kepegawaian untuk memeriksa dan memberikan sanksi atas kelalaian pejabat tersebut,” ungkp Ketua KASN, Agus Pramusinto dalam keterangan tertulis.

Agus menilai jika perbuatan kadis dalam video tersebut sudah mencederai etika serta perilaku seorang ASN. Bahkan dianggap suatu tindakan yang tidak patut dilakukan.

“Tidak patut seorang yang memegang jabatan pimpinan tinggi berlaku tidak etis,” lanjutnya.

Agus pun menjelaskan, berdasar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), seorang ASN terikat dengan nilai dasar, kode etik, dan juga kode perilaku.

Hal tersebut dengan tujuan untuk menjaga kehormatan dan martabat ASN. Oleh karena itu, etika baik harus menjadi perilaku untuk seorang ASN, baik di luar ataupun di dalam jam kerja kedinasan.

“Kasus ini perlu ditangani lebih lanjut melalui Majelis Kode Etik ASN Pemkab Bondowoso sesuai mekanisme yang berlaku dalam PP 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil,” paparnya.

“Kami akan memantau penanganan dan tindak lanjut kasus ini, agar tidak terulang pada instansi mana pun di masa mendatang,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News