Menu

Mode Gelap

jagung · 8 Sep 2021 04:49 WIB ·

Jokowi Kaget Bukan Main! Ada Petani Panen 14 Ton Per Hektare – Kabarin.co.id


 Jokowi Kaget Bukan Main! Ada Petani Panen 14 Ton Per Hektare – Kabarin.co.id Perbesar

Jakarta, kabarin.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat kaget saat mengetahui ada petani yang bisa menghasilkan padi dan jagung hingga 9 sampai 14 ton untuk satu kali panen,

Peristiwa ini terungkap dalam dialog antara Jokowi dan petani, di sela peresmian Bendungan Bendo, dalam sebuah video yang diunggah Sekretariat Presiden, Rabu (8/9/2021).

Mulanya, Jokowi sempat bertanya kepada salah satu petani mengenai harapannya atas keberadaan Bendungan Bendo. Kemudian, perbincangan antara Jokowi dan petani pun berlanjut lebih dalam.

“Panen berapa? tanya Jokowi.

“Kalau ditempat saya itu panen tiga kali. Padi, padi, jagung. Insya Allah dengan adanya bendungan ini bisa tiga kali panen padi,” jawab petani tersebut.

foto/ Dialog Presiden dengan petani di Bendungan Bendo, Kabupaten Ponorogo./  Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat PresidenFoto: foto/ Dialog Presiden dengan petani di Bendungan Bendo, Kabupaten Ponorogo./ Foto: Laily Rachev – Biro Pers Sekretariat Presiden
foto/ Dialog Presiden dengan petani di Bendungan Bendo, Kabupaten Ponorogo./ Foto: Laily Rachev – Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi kemudian bertanya berapa komoditas padi dan jagung yang bisa diproduksi. Jawaban petani tersebut lantas membuat Jokowi sampai terheran.

“Satu hektare, kalau sekarang sembilan [ton],” kata Petani tersebut.

“Sembilan? Bener?,” tanya balik Jokowi tak percaya.

Jokowi kemudian bertanya benih apa yang digunakan petani untuk menanam padi dan jagung. Petani tersebut mengaku menggunakan benih Ciherang.

Raut wajah Jokowi pun terlihat seperti tetap tak percaya. Eks Gubernur DKI Jakarta itu bahkan bertanya langsung kepada Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

“Pak Bupati, betul itu bisa sembilan ton Pak,” tanya Jokowi.

Sugiri pun membenarkan pernyataan petani tersebut. “Benar, pak. Bahkan di beberapa tempat kami sudah memiliki benih unggul namanya padi Kreasi Insan Petani. Itu ciptaan masyarakat Ponorogo sendiri. Yang hari ini sudah mulai kami tanam dan satu hektarenya bisa sampai 14 ton,” jelasnya.

Mendengar jawaban tersebut, Jokowi semakin heran. “Sudah dicoba benar 14 ton?,” tanya Jokowi lagi.

Sugiri mengatakan benih tersebut sudah ditanam hingga menghasilkan panen. Bahkan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah ikut menanam benih padi tersebut.

“Kita sembilan aja sudah kaget, ini tambah lagi ada 14,” timpal Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)

Sumber kabarin.co.id

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bareskrim Polri Tangkap 2 Tersangka Baru, Kuasa Hukum Nasabah

17 September 2021 - 14:43 WIB

Manajemen BNI Makassar Sulit Berkelit , Kuasa Hukum Beberkan Bukti Baru Kasus Raibnya 45 Miliar Simpanan Nasabah

13 September 2021 - 16:09 WIB

Seolah Tidak Berbenah, Bank BNI Makassar Diduga Gelapkan 45 Milyar Dana Simpanan di Rekening Milik Pengusaha Asal Sulawesi Selatan

9 September 2021 - 13:43 WIB

Ini Dia Zona Hijau Covid-19 di Indonesia – Kabarin.co.id

9 September 2021 - 01:05 WIB

Pencarian di Platform Digital Jadi Andalan Pembeli Properti – Kabarin.co.id

9 September 2021 - 01:00 WIB

TNI-Polri Pindah Duluan ke Ibu Kota Baru, Ini Jadwal PNS! – Kabarin.co.id

9 September 2021 - 00:45 WIB

Trending di ibu kota baru