Jokowi Resmikan Bendungan Bendo Bernilai Rp 1,1 Triliun! – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini meresmikan Bendungan Bendo yang terletak di Dusun Bendo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).

Berbicara di sela peresmian proyek, bendungan yang dibangun dengan menghabiskan dana hingga Rp 1,1 triliun itu sudah rampung dan siap difungsikan.

“Bendungan Bendo sudah selesai, sudah rampung, dan siap difungsikan,” kata Jokowi, Selasa (7/9/2021).

Bendungan Bendo memiliki kapasitas 43 juta meter kubik dengan luas genangan 17 hektare serta tinggi mencapai 74 meter. Bendungan ini akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah.

“Dan untuk pasokan air baku 370 liter per detik, serta bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir 31% atau sebesar 117,4 meter kubik per detik,” jelasnya.

Pada tahun ini, pemerintah akan menyelesaikan 17 proyek bendungan. Sejauh ini, Jokowi telah meresmikan pengoperasian sejumlah bendungan di berbagai wilayah.

Misalnya, Bendungan Tukul di Jawa Timur, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, Bendungan Napung Gete di Nusa Tenggara Timur, Bendungan Sindang Heula di Banten, Bendungan Kuningan, hingga Bendungan Way Sekampung di Lampung.

“Selanjutnya, Bendungan Paso Loreng, nanti akan kita resmikan minggu ini. Kemudian yang kita harapkan juga selesai Bendungan Karawe nanti bulan Oktober,” katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *