oleh

Kalangan Milenial Anggap Data Pribadi Itu Penting

Kabarin.co.id, Jakarta – Belakangan ini data pribadi menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Pasalnya, muncul isu baru terkait data pribadi yang datang dari Facebook.

Dalam hal ini, sudah ditemukn suatu situs database berisi data seperti nama, lokasi, dan nomor telepon dari ratusan juta pengguna Facebook. Dan saat ini, situs tersebut sudah ditutup namun keberadaannya menjadi bukti bahwa terdapat beberapa pihak tak bertanggung jawab yang mengumpulkan data-data pribadi orang.

Untuk saat ini pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan RUU Perlindungan Data Pribadi. Akan tetapi, menurut dari anggota Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum sadar akan pentingnya perlindungan data pribadi.

“Ketika berbicara soal legislasi, maka kita harus memikirkan UU dibuat untuk masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat yang belum sadar pentingnya perlindungan data pribadi, terutama di Indonesia,” jelasnya.

Sedangkan untuk kalangan mileneal, data pribadi masih dianggap penting. Pasalnya mereka masih khawatir jika data pribadinya bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Seperti halnya untuk melakukan tindakan kriminal yang menggunakan nama dari data yang dicuri tersebut.

“Di jaman sekarang ini yang semuanya serba maju, kita bisa diketahui data pribadi kita oleh orang asing, semisal lokasi kita. Mereka bisa berbuat jahat pada kita dong. Misalnya, mereka tahu kita dimana, nomor kartu kredit, mereka bisa menyalahgunakan itu,” papar Aldi, yang merupakan seorang mahasiswa.

Hal serupa juga diungkap oleh mahasiswa lain, “Kita harus hati-hati kalau mau memberi data kita ke orang lain. Di online, kita juga harus hati-hati apakah situsnya bener atau enggak,” jelas Sandro.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News