Kapal selam nuklir Belgorod milik Rusia akan segera bertugas di Samudera Pasifik

  • Bagikan
arrow daftar

KABARIN.CO.ID – MOSKOW. Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa kapal selam nuklir terbaru mereka, Belgorod, akan segera siap bertugas di Samudera Pasifik setelah melewati serangkaian uji coba.

Kapal selam Belgorod merupakan kapal selam bertenaga nuklir yang akan ditugaskan untuk misi-misi khusus. Selain Samudera Pasifik, Belgorod diharapkan bisa bertugas di perairan lain di dunia.

“Berdasarkan infomasi awal, kapal selam Belgorod akan melayani negara di Samudera Pasifik setelah resmi ditugaskan. Namun, Belgorod akan dapat melakukan misi di lokasi manapun di dunia,” ungkap pihak kementerian kepada TASS.

Sebelumnya TASS mengabarkan bahwa Belgorod akan memasuki uji coba negara pada Mei 2021. Pernyataan dari pihak kementerian semakin menguatkan kabar tersebut.

Baca Juga: Rusia memulai pengembangan rudal balistik antarbenua baru dalam 2 tahun

Sumber lain juga mengungkapkan bahwa Belgorod akan membawa drone nuklir Poseidon serta stasiun nuklir laut dalam AS-15.

Proyek pembuatan kapal selam Belgorod merupakan bagian dari Project 09852 Poseidon, di mana Rusia berusaha membuat kapal selam untuk mengangkut drone bawah air Poseidon.

Dengan ini, Belgorod menjadi pembawa pertama drone Poseidon dan bisa segera dioperasikan. Kapal selam itu awalnya dijadwalkan untuk ditugaskan pada tahun 2020. Sayangnya pandemi Covid-19 menyebabkan proyek berjalan sangat lambat.

Melansir TASS, berdasarkan program persenjataan yang sedang berlangsung saat ini, setidaknya akan ada tiga kapal selam sejenis yang akan akan dibangun sebelum tahun 2027.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Sumber Antara News

  • Bagikan