oleh

Kawasan Klaten Geger Munculnya Ribuan Cacing Keluar Dari Tanah

Kabarin.co.id, Solo – Warga di Kota Solo dan Kawasan Jatianom, Klaten, Jawa Tengah, dihebohkan dengan munculnya ribuan cacing keluar dari dalam tanah.

Ribuan cacing tersebut keluar di pagi hari serta merayap ke permukaan sebelum akhirnya mati. Akan tetapi, terdapat juga ratusan cacing lain yang kembali ke dalam tanah.

Fenomena munculnya ribuan cacing tersebut, memunculkan beragam spekulasi dari netizen. Bahkan ada beberapa dari mereka yang menyebut jika kondisi tersebut terjadi lantaran penyemprotan desinfektan.

Akan tetapi, ada pula yang mengaitkannya dengan dugaan pergerakan tanah, atau sebagai pertanda terjadinya gempa bumi.

Diketahui, fenomena serupa juga pernah terjadi pada tahun 2015 lalu. Menurut yang dilansir dari berbagai sumber, keluarnya cacing dalam jumlah banyak tidak hanya pertanda adanya aktivitas pergerakan tanah yang besar.

Melainkan juga bisa jadi pertanda adanya perubahan temperatur di bawah permukaan tanah. Sehingga kondisi tersebut lebih banyak terjadi akibat perubahan, sekaligus tanda pergantian muxim penghujan ke kemarau.

Dalam hal ini, cacing juga biasa keluar dari tanah yang basah sehabis diguyur hujan deras. Pasalnya kondisi tanah yang basah memaksa cacing untuk keluar dari habitatnya.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, ketika sedang hujan, tanah akan menjadi basah. Kondisi tersebut yang menyulitkan cacing untuk bergerak di dalam tanah.

Selain itu, nutrisi yang ada pada tanah juga menjadi sedikit. Bahkan dikatakan jika tanah yang basah akan mempersulit cacing untuk bernafas.

Apabila kondisi tanah lembab dan basah, tepatnya setelah hujan, akan mendorong cacing naik ketas untuk bernafas. Terlepas dari itu, cacing keluar juga untuk mencari pasangan supaya bisa bereproduksi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News