oleh

Kaya Antioksidan, Jahe Merah Bisa Cegah Serangan Virus

Kabarin.co.id, Jakarta – Seperti yang kita ketahui, korban dari virus corona di Wuhan China terus berjatuhan. Hanya dalam kurun waktu satu bulan, setidaknya sudah tercatat 131 orang yang dilaporkan meninggal dunia, dan 4.474 orang terinfeksi.

Dan secara mengejutkan, beberapa tanaman obat di Nusantara bisa mencegah virus corona. Pasalnya untuk mencegah terinfeksi virus, yakni dengan memperkuat sistem imun tubuh.

Beberapa tips untuk mencegah atau membasmi virus corona pun semakin ramai diperbincangkan. Salah satu poin penting tersebut ialah dengan mencuci tangan dengan sabun, menghindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan kondisi tangan kotor.

Untuk poin kedua, dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe merah yang sangat mudah didapat di Indonesia. Sebab obat herbal tersebut diklaim sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Dikarenakan mempunyai antioksidan yang tinggi, tentu tanaman ini berkhasiat untuk menjaga dan membantu proses penyembuhan.

Ditelusuri lebih lanjut, jahe merah mempunyai kandungan senyawa seperti shogaol, gingerol, dan zingeron. Zat aktif tersebut dipercaya mampu menyembuhkan beragam penyakit serta membunuh bakteri atau virus berbahaya bagi tubuh.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dugasani di tahun 2010, kandungan gingerol dan shogal dalam jahe merah sudah terbukti mempunyai efek antioksidan yang berkhasiat untuk tubuh manusia, khususnya dalam melawan stress oksidasi.

Dikutip dari NDTV Food, menurut buku Healing Foods oleh DK Publishing House, jahe dikonsumsi dengan bahan lain seperti jus lemon serta mint, bisa menjadi trio yang sempurna dalam membantu melawan flu beserta dengan gejalanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News