oleh

Keliling Kota Sewa Motor Listrik Rp50 ribu Seharian

Skuter listrik Viar Q1 adalah skuter metik pertama di Indonesia yang memiliki STNK. Sekarang jika ingin menunggangi motor ini, tak usah membelinya. Karena Viar Q1 kini telah menjadi armada yang diperuntukan sebagai bisnis baru yakni sewa motor listrik yang dipelopori oleh startup bernama Vrent.

Vrent sendiri adalah layanan E-Motor sharing yang didirikan pada tahun 2019. Layanan tersebut didukung sekitar 20 stasiun penyewaan yang sudah tersebar diberbgaai wilayah Jakarta dan akan terus berkembang hingga mencapai 180 stasiun sebelum tahun 2020.

Bisnis penyewaan motor sendiri sebenarnya bukanlah hal baru di wilayah Jakarta, sebelumnya juga sudah penyedian jasa penyewaan sepeda motor bernama Migo. Namun, Migo sempat dipermasalahkan pihak kepolisian dan  Kementrian Perhubungan terkait izin beroperasi dan produk yang disewakannya tersebut tidak pernah diuji kelayakannya supaya laik jalan..

Berbeda dengan Vrent, pihak Vrent menjelaskan bahwa Viar Q1 yang disewakannya tersebut telah dilengkapi surat laik jalan agar memberikan keamanan bagipara pengguna saat berkendara di jalan raya.

CTO Vrent, Joshua mengatakan dalam keterangan reminya bahwa perusahaannya tersebut telah berkolaborasi dengan Triangle Motorindo sebagai pemegang merk Viar dalam pengadaan Q1. Platform tersebut juga telah melakukan kerjasama dnegan aplikasi Gowes, Surya Teknologi Perkasa (STP).

Untuk mencoba mendapatkan pelayanan tersebut, para pengguna haeus mendownload aplikasi Gowes melalui Playstore sebelum menggunakan layanan sewa motor Vrent.

Joshua juga menuturkan bahwa saat ini Vrent baru berfokus untuk wilayah Jakarta saja.

“Fokus kami yang terpenting, bagaimana agar masyarakat dapat mulai beralih menggunakan kendaraan listrik untuk mengurangi polusi di Jakarta,” tutur Joshua.

Terkait tarif, Sewa Viar Q1 ini dihitung per 15 menit. Harga per 15 menit adalah Rp 2,500, sewa 1 hari adalah Rp 50.000. Khusus bagi penyewa harian, unit motor akan dibekali charger baterai agar para penyewa dapat melakukan pengisian daya baterai di rumah.

Selain pengisian daya sendiri, para penyewa motor juga dapat mengunjungiVrent Station terdekat yang dapat dilihat lokasinya dalam aplikasi.

Direktur Pemasaran Triangle Motorindo, Sutjipto, menerangkan bahwa Viar dan Vrent memiliki satu visi dan misi serupa yakni sebagai solusi pengurangan polusi udara agar dapat mengembalikan langit Jakarta menjadi biru dan ramah bagi masyarakat seperti sedia kala.

“Kami merasa hadirnya Vrent akan menjadi jawaban dari masalah transportasi yang ada dan sedikit banyak memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mencoba mengendarai motor listrik,” tutur Sutjipto.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News