oleh

Kembali Dipenjara, Habib Bahar Bin Smith Dipindah Ke Nusakambangan

Kabarin.co.id, Jakarta – Habib Bahar bin Smith resmi dipindah dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Gunung Sindur ke Pulau Nusa Kambangan, Jawa Tengah.

Langkah tersebut diambil lantaran massa pendukung Bahar membuat gangguan keamanan serta ketertiban di LP Gunung Sindur.

Dijelaskan oleh Dirjen Lapas Reynhard Silitongoa, dengan merujuk pada kondisi tersebut. Akhirnya Kalapas Gunung Sindur melakukan koordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat.

“Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat, yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar Bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Klas I Batu Nusakambangan,” terang Dirjen Lapas Reynhard Silitongoa kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

Alasan utama pemindahan tersebut ialah untuk kepentingan keamanan, ketertiban, serta pembinaan bagi Bahar. Sedangkan untuk yang lainnya ialah gangguan keamanan dan juga ketertiban yang ditimbulkan oleh aksi massa simpatisan.

“Mencegah pelanggaran protokol COVID-19 yang ditimbulkan dari kerumunan massa simpatisan,” lanjut Reynhard.

Diketahui, Habih Bahar bin Smith sudah resmi dipindahkan dari Lapas Khusus Gunung Sindur ke Lapas Klas I Batu Nusakambangan pada hari Selasa malam, tanggal 19 Mei 2020. Pemindahan tersebut juga bersama dengan pengawalan Kepolisian beserta jajaran Pemasyarakatan.

Lebih lanjut, kata Reynhard, pelaksanaan dari pemindahan dilakukan dengan baik dan sudah sesuai dengan SOP.

“Yang dalam pelaksanaanya yang bersangkutan diperlakukan dengan baik sesuai SOP,” tandas Reynhard.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News