‘Kiamat Chip’, Hyundai Setop Produksi Pabrik di Korsel – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Raksasa otomotif asal Korea Selatan (Korsel) Hyundai berencana untuk menghentikan produksi di pabrik Asan, di selatan Seoul, karena kekurangan chip. Langkah ini akan dilakukan Senin (12/4/2021).

Dikutip Reuters, kekurangan itu telah menyebabkan masalah bagi Hyundai untuk suku cadang unit kontrol powertrain. Pabrik Asan menghasilkan 300.000 kendaraan setiap tahun, termasuk mode hits Sedan Hyundai Sonata dan Grandeur.

Sebelumnya kondisi kekurangan chip juga telah menyerang beberapa pabrikan global. Dua raksasa otomotif asal Jepang, Honda dan Nissan,akan menjual lebih sedikit mobil pada tahun 2021 karena kekurangan global dalam produksi chip semikonduktor.

Honda memangkas target penjualan kendaraan 2,2% menjadi 4,5 juta unit. Sementara Nissan menurunkan targetnya 3,6%, menjadi 4,015 juta unit.

Kelangkaan ini membuat beberapa produsen chip dunia mulai menaikkan produksinya. GlobalFoundries, produsen chip terbesar ketiga di dunia, berencana untuk menginvestasikan US$ 1,4 miliar (Rp 19 triliun) di pabrik chipnya tahun ini, dan kemungkinan akan menggandakan investasi itu tahun depan.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan CNBC International, CEO Tom Caulfield mengatakan kapasitas produksi perusahaan telah ditingkatkan sepenuhnya dan pasokan semikonduktor akan aman hingga tahun 2022 atau setelahnya.

“Saat ini semua kapasitas produksi kami tidak hanya dimanfaatkan lebih dari 100%, kami juga menambah kapasitas secepat yang kami bisa,” kata Caulfield.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan