oleh

Klaim Taliban Tembak Jatuh Pesawat Dibantah Militer AS

Kabarin.co.id, Jakarta – Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengaku jika memang ada sebuah pesawat mereka yang jatuh di Provinsi Ghazni, Afghanistan.

Akan tetapi, mereka juga mengeluarkan sangkalan jika pesawat tersebut jatuh lantaran diserang oleh kelompok Taliban.

Dijelaskan oleh juru bicara militer AS di Afghanistan, Kolonel Sonny Leggett, sebuah pesawat dengan nomor seri Bombardier E-11A jatuh di Provinsi Ghazni, Afghanistan.

“Sebuah pesawat Bombardier E-11A jatuh di Provinsi Ghazni, Afghanistan. Saat ini kami sedang menyelidiki insiden tersebut tetapi belum ada tanda-tanda insiden itu terjadi akibat serangan musuh,” terang Kolonel Sonny Leggett, seperti dikutip dari CNN, Selasa (28/1/2020).

Lebih lanjut, Leggett juga menyebut jika klaim yang dikeluarkan oleh Taliban terkait dengan adanya pesawat lain yang jatuh itu salah.

“Klaim Taliban ada pesawat lain yang jatuh keliru,” lanjut Leggett.

Seperti yang diketahui, pesawat yang jatuh tersebut digunakan untuk instrumen komunikasi. Tugas dari pesawat tersebut ialah untuk menyambungkan sinyal dari pasukan yang ditugaskan di lapangan dengan pusat komando.

Dengan peranan yang sangat penting tersebut, bahkan para pilot memberikan julukan untuk pesawat itu dengan nama “Perangkat Nirkabel di Langit”.

Akan tetapi, si burung besi tersebut jatuh di wilayah pegunungan, sekitar 20 kilometer dari pusat Ibu Kota Kabul. Menurut yang dilaporkan, seluruh awak yang ada di pesawat dinyatakan meninggal dunia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News