oleh

Kriteria Calon Suami Yang Baik Menurut Islam

Kabarin.co.id – Seperti apa Kriteria Calon Suami Yang Baik Menurut Islam? Dalam hal ini, tidak hanya pria saja yang mempunyai pasangan yang baik ketika hendak menikah.

Begitu pula kaum hawa yang mempunyai impian sama, yakni mempunyai suami yang baik ketika kelak sudah menjalani biduk rumah tangga.

Bisa dikatakan jika impian ini merupakan suatu yang wajar, pasalnya tidak wanita yang beragama muslim saja. Bahkan wanita yang beragama lain pun juga mempunyai keinginan yang sama.

Maka dari itu, bukan suatu hal yang aneh jika para wanita tersebut berlomba-lomba menyeleksi pria baik untuk menjadi suami mereka. Dari sisi lain, nikah bukan keputusan main-main, sebab setiap hari akan bersama dengan orang yang dimaksud.

Kriteria Calon Suami Yang Baik Menurut Islam

Selain sebagai seorang pemimpin, suami pun akan menjadi pendamping seumur hidup. Yakni untuk membina rumah tangga dan mengayomi istri dan anak-anaknyakelak.

Dalam hal ini, ada begitu banyak kriteria pria baik yang bisa dibilang layak untuk dipilih sebagai suami. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar kriteria calon suami yang baik menurut Islam.

1. Beragama Islam

Untuk kriteria yang pertama, wanita bisa mencari jodoh suami yang mempunyai keyakinan sama, yakni beragama Islam. Bahkan dikatakan wajib untuk memperoleh imam dalam memperbaiki ibadah.

Poin agama ini hanya menjadi dasar saja, namun harus diikuti pula dengan mengamati sifat, dan yang lainnya. Sehingga tidak ada penyesalan dikemudian hari.

2. Berasal Dari Keluarga Yang Baik

Tidak hanya kaum pria yang bebas dalam menentukan pilihan, namun kaum hawa pun mempunyai hak untuk memilih menikah dengan siapa calon imam mereka.

Poin lain yang perlu diperhatikan dari kriteria pria yang baik ialah berasal dari keluarga dan lingkungan yang baik pula. Dengan demikian, bisa dipastikan jika pria yang dimaksud mempunyai dasar yang baik.

3. Mempunyai Pehaman Agama Setara Atau Lebih Baik

Mempunyai peranan sebagai sosok pemimpin dan pengayom keluarga, tentu sosok pria tersebut harus mempunyai pemahaman lebih baik dalam beragama.

Setidaknya, kaum hawa memperhatikan apakah agama dari calon suami sudah baik atau bahkan lebih dari diri anda. Dengan demikian, anda pun akan merasa lebih diarahkan dan digiring pada perbuatan yang baik pula.

4. Taat Kepada Orang Tua

Orang tua berperan sebagai sosok pengayom bagi anak-anaknya. Sehingga tidak mungkin keluarga yang baik menghasilkan keturunan yang kurang baik.

Ketika si pria calon suami tersebut berbakti dan taat kepada orang tuanya, maka sudah termasuk salah satu kriteria sosok pemimpin yang bisa dijadikan panutan dalam keluarga.

5. Mandiri Dalam Ekonomi

Suami mempunyai peran untuk memberikan nafkah pada istri dan anak-anaknya. Jika ekonomi masih belum mandiri atau menumpang pada orang tua, apa sudah bisa dikatakan masuk kriteria?

Tentu kaum hawa pun perlu memperhatikan hal tersebut. Intinya, carilah calon suami yang bisa memberikan nafkah lahir dan batin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News