oleh

Kunjungan Donald Trump Ke Jepang Disambut PM Abe

Kabarin.co.id – Seperti yang telah dilansir oleh AFP, Sabtu (25/5/2019). Bahwa pesawat kepresidenan AS, Air Force One yang membawa Presiden AS, Donald Trump dan istrinya, Melania. Pesawat tersebut telah mendarat di Tokyo, Sabtu (25/5) sore waktu setempat. Trump nampak tersenyum saat dirinya menuruni tangga pesawat bersama Melania. Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono telah menyambut kedatangan Trump di bandara.

Tak lama setelah mendarat di Tokyo, Donald Trump menemui para pengusaha Jepang guna membahas masalah hubungan perdagangan.

Agenda utama ke datangan Trum ini adalah pertemuannya dengan Kaisar Naruhito, Senin (27/5). Pada awal bulan ini Kaisar Naruhito akan naik tahta untuk menggantikan posisi ayahnya, Kaisar Akihito yang telah turun thta akibat masalah kesehatannya.

“Bersama dengan beberapa negara dunia, saya menjadi tamu kehormatan dalam acara terbesar mereka dalam 200 tahun terakhir,” ujar Trump.

Namun, agenda yang paling menjadi sorotan adalah kehadiran Trump dalam final turnamen sumo atau basho yang diselenggrakan pada musim panas, Minggu (26/5). Trump sendiri yang akan menyerahkan hadiah utamanya secara langsung kepada pesumo yang memenangkan turnamen.

Dengan hadirnya Trump di area turnamen sumo yang disakralkan tersebut, seolah menjadi mimpi buruk bagi pihak logistik, keamanan dan protokoler kepresidenan.

Beberapa pertanyaan mulai muncul, tentang bagaimana dan dimana Trump akan duduk. Karena para pesumo dan penonton, harus duduk bersila di lantai. Bagaimana masalah keamanan Trump saat para penonton mulai melempari bantal duduk ke arena pertandingan.

Sebelum datang ke area sumo, Trump akan terlebih dahulu bermain golf bersamaPM Jepang, Shinzo Abe yang terkenal sebagai golf buddy-nya. Setelaah menonton turnamen sumo, Trump dan Abe akan makan bersama dengan istri mereka di distrik hiburan Roppongi, Tokyo.

Kunjungan ke Jepang yang dilakukan Donald Trump ini dilakukan setelah Abe mengunjungi Washington DC, Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu. Trump menuturkan bahwa hubungan antara Amerika Serikat dengan Jepang “belum pernah lebih erat, belum pernah lebih kuat, belum pernah lebih akrab”.

“Ini menjadi hal yang menyenangkan saat perdagangan antara kedua negara yang kita cintai,” tutur Trump.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News