oleh

Langkah Dan Cara Mengatasi Excel Not Responding

Kabarin.co.id – Bagaimana Langkah Dan Cara Mengatasi Excel Not Responding? Pada saat anda mengoperasikan Microsoft Excel dan secara tiba-tiba muncul not responding, tentu akan merasa bingung dengan apa yang terjadi.

Dengan adanya error tersebut, tentu pekerjaan di Microsoft Excel akan terhambat. Bahkan besar kemungkinan file yang dikelola akan hilang.
Jika anda mengalami hal yang demikian, jangan gugup dan diambil santai saja. Sebab masih ada cara untuk mengatasi masalah excel not responding tersebut.

Secara dasar, banyak orang yang tidak mempermasalahkan kejadian ini. Sebab hampir semua pc pasti pernah mengalami hal serupa. Awalnya mungkin akan membuat anda jengkel, namun kondisi tersebut bisa saja terjadi karena beberapa faktor.

Faktor yang paling sederhana ialah kondisi PC yang memang sudah rusak, lemot, atau karena faktor lain. Bagaimana cara penyelesaiannya?

Langkah Dan Cara Mengatasi Excel Not Responding

Gunakan Excel dengan Mode Aman

Langkah ini dimaksudkan agar Microsoft Excel bekerja tanpa mengalami startup. Sehingga anda bisa membuka Excel dengan menekan CTRL ketika memulai program tersebut.

Dengan cara menjalankan Excel seperti ini, maka akan melewatkan beberapa fungsi dan pengaturan. Seperti halnya lokasi startup alternatif, Xlstart folder, Bar alat diubah dan add-in Excel. Akan tetapi add-in COM akan dikecualikan.

Menginstal Pembaruan Excel

Jika anda secara terus menerus mengalami not responding, maka coba lakukan pembaruan pada windows. Setelan bisa diatur otomatis ataupun menginstal pembaruan yang ditunjukkan.

Dengan penginstalan yang optimal, maka kemungkinan besar akan memperbaiki masalah. Termasuk juga masalah not responding yang anda alami.

Repair / Perbaiki Microsoft Office

Alternatif lain dalam memperbaiki kesalahan dalam Microsoft Excel not responding ialah dengan cara memperbaiki Microsoft Office itu sendiri.
Anda perlu masuk pada bagian menu “Control Panel” – “Program dan Features” – Pilih “Microsoft Office” dan klik tombil change pada bagian atas.
Copot dan Install Kembali Microsoft Office.

Jika cara repair masih belum memberikan hasil, maka coba uninstall terlebih dahulu Microsoft Office anda dan menginstallnya kembali dari awal.

Anda tidak perlu melakukannya secara manual, sebab pihak Microsoft sudah menawarkan program “Easy Fix” yang bisa anda temukan pada laman resmi microsoft.

Memperbarui Anti Virus di PC

Salah satu penyebab Excel not responding ialah antivirus. Coba anda periksa dan perbarui jika diperlukan. Untuk sekedar memastikan, coba nonaktifkan antivirus saat anda memulai Microsoft Excel.

Selain beberapa poin diatas, anda juga bisa menerapkan beberapa langkah mudah dalam mengatasi Excel yang bermasalah. Bahkan bisa dilakukan secara online ataupun offline.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Langkah Dan Cara Mengatasi Excel Not Responding. Cara diatas juga bisa anda terapkan pada Office lain seperti Power Point, Word, dan program Microsoft Office yang lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News