Langkah Jitu Membersihkan Asap Rokok di Paru-Paru

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasannya merokok adalah salah satu kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan. Sama halnya peringatan yang sudah tertera pada bungkus rokok itu sendiri, yakni merokok bisa sebabkan kanker, hipertensi, gangguan pernapasan, liver, gangguan jantung hingga paru-paru, bahkan tidak menutup kemungkinan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lainnya. Hal yang demikian ini karena di dalam rokok terdapat kandungan yang sangat berbahaya yakni nikotin. Bahkan tidak hanya perokok aktif saja, perokok pasif pun juga bisa terkena penyakit yang mematikan ini. Bagi Anda yang merupakan perokok aktif maupun pasif, Anda bisa mencoba berbagai macam cara untuk mengatasi asap rokok di paru-paru berikut ini.

Inilah langkah jitu membersihkan asap rokok di paru-paru

Konsumsi antioksidan

Cara membersihkan asap rokok di paru-paru yang pertama adalah dengan mengkonsumsi antioksidan. Penelitian menyatakan bahwasannya seseorang yang mengkonsumsi makan makanan yang mengandung antioksidan seperti buah apel sebanyak 5 buah dalam 1 minggu akan membuat kinerja paru-paru jauh lebih baik, bila dibandingkan dengan seseorang yang tidak pernah mengkonsumsi buah tersebut. Selain dengan apel, Anda juga bisa memanfaatkan sayuran, seperti brokoli, kol, atau pun tauge.

Baca Juga : Informasi Kesehatan

Jeruk nipis

Tak hanya bermanfaat bagi kecantikan, air perasan jeruk nipis ini ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk membersihkan asap rokok di paru-paru. Setelah dianalisis dengan cara menggunakan alat GC-MS, air perasan jeruk nipis ini bissa menurunkan zat kimia seperti nikotin hingga 70,65 persen. Bahkan tidak hanya itu saja, air jeruk nipis juga bisa membantu untuk menghilangkan kecanduan merokok.

Kedelai

Cara yang terakhir untuk membersihkan asap rokok di paru-paru adalah dengan mengkonsumsi kedelai. Hal ini karena kedelai kaya akan flavonoid yang memiliki peranan penting sebagai anti peradangan, sehingga bisa melindungi paru-paru dari tembakau yang bisa sebabkan kanker. Untuk mendapatkan manfaat kedelai tersebut, Anda bisa mengkonsumsi kedelai secara rutin setiap harinya.

Nah itulah tadi beberapa langkah jitu membersihkan asap rokok di paru-paru. Selain itu Anda juga masih harus mengimbanginya dengan cara berolahraga supaya tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Semoga saja informasi yang kami bagikan di atas bisa bermanfaat dan juga menginspirasi Anda semuanya. Menjaga kesehatan paru-paru Anda mulai dari sekarang tentunya bisa menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit berbahaya.

  • Bagikan