oleh

Larry Tesler Si Penemu Copy Paste Meninggal Dunia

Kabarin.co.id, Jakarta – Kabar duka datang dari sang penemu shortcut copy-paste, Larry Tesler yang meninggal dunia, Senin (17/2/2020).

Sontak saja, kabar duka tersebut seketika menimbulkan duka cita yang begitu mendalam di dunia teknologi.

Meningalnya pria dengan nama asli Lawrence Gordon Tesler tersebut, awalnya dikabarkan melalui unggahan akun Twitter Xerox, perusahaan tempat larry bernaung, Rabut (19/2/2020).

“Penemu ‘cut, copy & paste, find & replace‘ penelitik Xerox Larry Tesler, hari kerjamu lebih mudah berkat ide revolusionernya. Larry meninggal pada Senin, jadi tolong bergabung untuk menghormatinya,” demikian cuitan Xerox.

Menurut yang dikutip dari Aljazeera, Kamis (20/2/2020), Larry meninggal di usianya yang ke-74 tahun. Semasa hidupynya, Larry begitu banyak memberikan kontribusi di bidang teknologi.

Di tahun 1973, Larry dan koleganya Tim Mott mengembangkan fungsionalitas copy & paste guna mempermudah penggunaan komputer supaya lebih mudah dan interaktif.

“Tesler menciptakan ide ‘cut, copy & paste’ dan menggabungkan pelatihan ilmu komputer dengan visi tandingan bahwa komputer seharusnya berguna untuk semua orang,” tulis Computer History Museum.

Tiga perintah tersebut kemudian diadaptasi oleh raksasa teknologi Apple pasca dimasukkan dalam perangkat lunak komputer Lisa pada tahun 1983, yang kemudin berlanjut ke Macintosh di tahun berikutnya.

Hingga saat ini, beberapa shortcut tersebut terbukti meringankan pekerjaan manusia dalam mengoperasikan komputer.

Semasa hidup, Larry tercatat pernah bekerja di Apple tahun 1980 pasca keluar dari perusahaan Xerox. Ia pun menghabiskan masa 17 tahun di perusahaan tersebut, serta memperoleh predikat ilmuwan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News