oleh

Layanan Cloudflare Tumbang Sebabkan Banyak Website Eror

Kabarin.co.id, Jakarta – Terdapat beberapa laman web yang tidak bisa diakses pada Selasa pagi waktu Amerika Serikat (AS). Ketika membuka beberapa website, salah satunya Down Detector, layanan dikabarkan sempat mengalami tumbang.

Sedangkan dari beberapa laman lain yang juga tidak bisa diakses, menampilkan keterangan eror “502 Bad Gateway”. Nyatanya, faktor dari tumbangnya beberapa website tersebut dikarenakan terdapat masalah pada perusahaan bernama Cloudflare. Perusahaan tersebut menyediakan jasa penyaluran konten, pencegahan DDoS, keamanan internet, serta layanan server nama domain (DNS).

Dalam hal ini, Cloudflare mempunyai fungsi sebagai perantara pengunjung situs web dan penyedia hosting untuk pengguna. Dijelaskan, tumbangnya Cloudflare terjadi selama beberapa jam. Bahkan insiden tersebbut juga dibenarkan oleh pihak Cloudflare.

Dilansir dari keterangan Ubergizmo,Rabu (3/7/2019), Co-Founder yang sekaligus CEO Cloudflare, Matthew Prince menuliskan cuitan pada akun Twitternya. Tim Cloudflare mengatahui masalah tersebutakan memberikan dampak pada seluruh jaringan mereka. “Tim kami tengah mencari tahu mengenai masalah yang terjadi dan mencoba memperbaikinya,” ucap Prince.

Prince menjelaskan bahwa tumbangnya layanan Cloudflare kemungkinan terjadi dikarenakan terdapat lonjakan besar pada penggunaan CPU. Lonjakan tersebut akan menjadikan sistem utama dan backup-nya tumbang. Pada akhirnya, semua layanan akan terkena dampak serta tidak bisa diakses.

Informasi sebelumnya, terdapat beberapa spekulasi terkait dengan serangan DDoS yang meluas hingga jaringan Cludflare. Akan tetapi, Prince mengklaim bahwa belum ada bukti tumbangnya jaringan mereka disebabkan oleh serangan terkoordinasi. Dalam hal initim masih menyelidiki akan masalah dari tumbangnya layanan Cloudflare.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News