Luhut Klaim Profesor AS Puji Penanganan Covid-19 di Indonesia – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan penanganan Covid-19 di tanah air menuai pujian dari sejumlah pihak di luar negeri. Demikian diungkapkan Luhut saat menghadiri Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia #PasarLautIndonesia di Aceh yang ditayangkan di kanal Youtube Bukalapak, Rabu (8/9/2021).

Ia menjelaskan, sejauh ini pandemi Covid-19 terus terkendali. Hal itu ditandai dengan tambahan kasus harian Covid-19 yang terus melandai.

“Saya berharap kita tetap patuh melaksanakan protokol kesehatan dan tidak gegabah. Data-data yang ada menunjukkan mengenai penanganan Covid-19 ini cukup menggembirakan. Tapi kita tidak boleh jemawa terhadap itu,” ujar Luhut.

“Saya mendapat beberapa banyak pesan-pesan dari luar negeri teman-teman saya mengenai penanganan Covid-19 ini. Tidak kurang saya dapat dari salah satu orang profesor dari Columbia University yang pengamat Indonesia yang memberikan apresiasi terhadap penanganan Covid-19 di Indonesia ini,” lanjutnya.

Menurut Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi, sosok profesor yang dimaksud Luhut adalah Jeffrey Sachs. Ia merupakan ekonom sekaligus analis kebijakan publik. Jeffrey Sachs pernah menjabat sebagai Direktur di The Earth Institute Columbia University.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan, penanganan Covid-19 tidak sesederhana yang dibayangkan orang. Apalagi Indonesia memiliki belasan ribu pulau, beragam suku, dan sistem bernegara.

“Dan itu saya rasakan selama kemarin dua bulan menangani Covid-19 ini. Kita bersyukur kita bisa membangun team work,” kata Luhut.

Mantan Kepala Kantor Staf Presiden itu pun menceritakan pernah memperoleh proposal penanganan Covid-19 versi Harvard Medical School.

“Proposal itu saya baca, saya lihat, ternyata sudah kita lakukan semua. Dan ada yang tidak mereka lakukan di situ adalah bahwa peran TNI & Polri yang sangat dominan di dalam mendisiplinkan masyarakat untuk bisa mengeksekusi program-program itu semua,” ujar Luhut.

“Dan ditambah lagi PeduliLindungi yang mereka tidak lakukan yang kebetulan kita lakukan dengan bagus. Sekarang secara bertahap dan itu saya kira adalah alat kita untuk mengendalikan Covid-19 ini,” lanjutnya.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *